Masker Pencegah Virus Corona Sampai Radiasi Nuklir

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rini Kustiani

google-image
Ilustrasi penggunaan masker, sebagai salah satu upaya penyebaran virus.

Ilustrasi penggunaan masker, sebagai salah satu upaya penyebaran virus.

IKLAN

CANTIKA.COM, JakartaMasker kini menjadi barang langka setelah wabah virus corona merebak. Saking banyak dicari, harga masker pun melambung tinggi.

Menurut Badan Kesehatan Dunia atau WHO, masker wajah atau masker bedah yang biasa dikenakan dokter atau perawat berfungsi mencegah penularan penyakit ke pasien. Masker ini tidak efektif melindungi pemakainya dari virus atau bakteri yang beterbangan di udara karena tidak cukup rapat menutup. Bahan masker bedah juga masih bisa ditembus partikel halus, tidak punya penyaring udara, serta tidak menutupi mata.

Berikut ini respirator yang diyakini dapat melindungi pemakaiannya dari penularan bibit penyakit yang ada di udara.

  • Masker P100
    Masker sekali pakai model 8293 P100 dari 3M ini berbentuk mirip masker bedah, tapi berbahan lebih rapat karena dapat menahan 99,97 persen partikel halus masuk ke area hidung dan mulut. Lantaran hanya tersedia dalam satu ukuran, masker ini tidak cocok untuk anak-anak atau orang dengan kumis dan janggut tebal. Satu pak berisi empat masker.

    Masker sekali pakai model 8293 P100 dari 3M.

    Harga: Rp 1,8 juta

  • OxyBreath Pro
    Masker ini dapat dipakai hingga 24 kali. Bagian dalamnya terbuat dari kain yang mengandung karbon aktif 100 persen. Adapun bagian luarnya dilapisi polyurethane sehingga dapat dicuci. Terdapat penyaring udara berteknologi nanometer yang dapat menahan partikel halus berdiameter 2,5 mikron dan 0,3 mikron, seperti debu, bakteri, virus, dan bahan kimia.

    Masker OxyBreath Pro.

    Harga: Rp 681 ribu

  • Pelindung Seluruh Wajah
    Masker pelindung seluruh wajah model FF 402 dari 3M ini memiliki tingkat kenyamanan tinggi dengan segel silikon dan lekukan penahan hidung yang lembut. Masker ini memiliki kaca tahan gores yang lebar dan jernih sehingga tak mengganggu penglihatan. Filter partikel dan cartridge-nya mudah dibongkar pasang. Pemakai dapat berkomunikasi dengan jelas dengan passive speaking diaphragm.

    Masker pelindung seluruh wajah model FF 402 dari 3M.

    Harga: Rp 2,99 juta

  • Pelindung Nuklir
    Masker pelindung seluruh wajah model SGE 150 buatan perusahaan Italia, Mestel Safety, ini menggunakan standar NATO dan memberikan perlindungan NBC alias nuklir, biologi, dan kimia. Bahannya polikarbonat yang kuat dan kaku dengan segel karet yang lembut menempel di wajah. Masker ini menggunakan filter gas CBRN (agen kimia, biologi, radiologi, dan nuklir) berkapasitas 40 mililiter.

    Masker pelindung seluruh wajah model SGE 150.

    Harga: Rp 1,56 juta

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."