Sederet Manfaat Bunga Melati untuk Kulit hingga Gairah Seksual

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi bunga melati. theayurveda.org

Ilustrasi bunga melati. theayurveda.org

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Bunga melati memiliki aroma yang khas sehingga kerap dipilih sebagai wewangian alami di rumah. Tak hanya itu, bunga melati juga manfaat bagi tubuh seperti membuat lebih rileks, meningkatkan gairah seksual, dan mengurangi gejala depresi.

Berikut sejumlah manfaat bunga melati untuk kecantikan dan kesehatan tubuh

1. Aromaterapi

Pemanfaatan bunga melati yang paling sering ditemui ialah dalam bentuk aromaterapi. Dalam hal ini, manfaat bunga melati adalah mengendurkan urat saraf yang tegang, sehingga Anda merasa lebih rileks dan dapat beristirahat dengan lebih berkualitas.

Aromaterapi bunga melati bahkan diklaim bisa membantu meringankan gejala depresi. Bunga melati dipercaya memiliki sifat antidepresan, meski klaim ini masih perlu penelitian lebih lanjut.

2. Minyak esensial

Minyak esensial yang mengandung bunga melati disebut-sebut memiliki sifat afrodisiak alias membangkitkan gairah seksual. Inilah sebabnya bunga melati kerap digunakan sebagai bagian dari dekorasi kamar pengantin di malam pertama.

3. Losion

Aroma bunga melati yang khas kerap dijadikan sebagai campuran dalam berbagai produk kecantikan, seperti sabun, losion, dan sebagainya. Namun, manfaat bunga melati di sini bukan hanya sebagai parfum alami, melainkan juga mengatasi masalah kulit, seperti terbakar sinar matahari dan biang keringat.

Penggunaan losion yang mengandung bunga melati juga dipercaya dapat mengembalikan kelembapan dan elastisitas kulit. Bunga melati juga diyakini dapat mengurangi kerutan halus pada wajah serta membuat kulit terlihat lebih muda dan sehat.

4. Teh melati

Teh melati biasanya merupakan campuran teh hijau dengan daun melati. Kedua bahan ini dapat dicampur saat pembuatan bubuk teh di pabrik maupun Anda campur sendiri ketika menyeduh daun teh dengan beberapa helai bunga melati langsung di cangkir.

Manfaat bunga melati yang dijadikan campuran teh ini, di antaranya adalah menangkal radikal bebas yang dapat mengakibatkan penyakit jantung maupun beberapa tipe kanker. Khasiat itu disebabkan kandungan polifenol yang tinggi pada teh bunga melati sehingga memiliki sifat antioksidan.

Adapun untuk kesehatan, bunga melati bermanfaat untuk meringankan gejala hepatitis, sirosis, dan penyakit pada hati lainnya serta mengatasi sakit perut dan diare parah (disentri).

Bunga ini juga bermanfaat untuk mencegah stroke, mengurangi keluarnya air susu ibu (ASI) yang berlebihan, dan mengobati penyakit kulit dan mempercepat proses penyembuhannya.

Selanjutnya, melati bisa meningkatkan mood, mengurangi stres, dan meredam nafsu makan. Khusus untuk makanan, bunga ini dimanfaatkan untuk penguat rasa dan aroma.

Di Indonesia, manfaat bunga melati yang terkenal adalah menyembuhkan jerawat, flu, radang mata merah, dan bengkak akibat gigitan serangga. Khasiat ini datang dari kandungan flavonoid, saponin, tanin, indol, dan benzil alkohol dalam daun melati yang diduga memiliki aktivitas antibakteri.

Meski demikian, manfaat bunga melati di atas baru sebatas penelitian awal maupun testimoni penggunanya. Bila Anda memiliki masalah kesehatan terkait, sebaiknya tetap periksakan diri ke dokter.

SEHATQ

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."