8 Cara Pencegahan Virus Corona Menurut Kemenkes

Petugas rumah sakit menggunakan masker saat beraktivitas di RSPI Suliasti Saroso, Jakarta, Senin, 2 Maret 2020. ANTARA/Rivan Awal Lingga

kesehatan

8 Cara Pencegahan Virus Corona Menurut Kemenkes

Senin, 2 Maret 2020 20:40 WIB
Reporter : Tempo.co Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengumumkan sudah ada dua kasus positif virus corona atau COVID-19 di Indonesia. Jokowi menyebut dua orang warga negara Indonesia (WNI) ini tertular dari warga negara Jepang yang tinggal di Malaysia positif corona, kemudian bertandang ke Indonesia beberapa waktu lalu.

"Ibu dan putrinya, dua orang itu di Indonesia. Sudah di rumah sakit. Si ibu usia 64 tahun dan anaknya umur 31 tahun," ujar Jokowi di Istana Negara, Jakarta pada Senin, 2 Maret 2020. Pemerintah pun menyatakan siap menghadapi kasus tersebut.

Virus corona menyebar ketika partikel virus dari orang sakit masuk ke dalam mata, hidung, dan mulut orang sehat melalui kontak langsung atau benda-benda yang terkena air liur orang sakit. Virus corona dapat menempel pada permukaan benda lebih dari 24 jam.

Merujuk Pedoman Kesiapsiagaan Menghadapi Covid-19 yang dikeluarkan oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Republik Indonesia, pencegahan virus corona dapat dilakukan dengan melakukan beberapa hal berikut.

1. Menjaga kebersihan tangan secara rutin, terutama sebelum memegang mulut, hidung, mata, wajah sendiri maupun orang lain usai memegang bagian dari fasilitas umum seperti tangga berjalan, lift, pegangan kursi hingga gagang pintu.

2. Mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun cair. Pastikan bilas setidaknya selama 20 detik.

3. Keringkan tangan pakai handuk atau kertas sekali pakai. Jika tidak ada fasilitas cuci tangan dapat menggunakan alkohol 70-80 persen hand sanitizer.

4. Menutup mulut dan hidung ketika bersin atau batuk menggunakan tisu. Setelah itu, tisu dibuang dan cuci tangan kembali.

5. Ketika memiliki gejala masalah di saluran napas, gunakan masker dan berobat ke pusat layanan kesehatan.

6. Jika melihat orang batuk atau bersin, jaga jarak sampai dua meter dari mereka atau berikan masker.

7. Jangan berbagi alat makan, makanan, dan handuk.

8. Buang masker setelah kotor jangan sampai satu hari masih dipakai.

EKA WAHYU PRAMITA