Ayu Dyah Andari Rancang Signature Series Terinspirasi Bunga Mawar

Koleksi Signature Series karya desainer Ayu Dyah Andari diperagakan di panggung Fashion Rhapsody, Sabtu 29 Februari 2020. TEMPO/Eka Wahyu Pramita

mode

Ayu Dyah Andari Rancang Signature Series Terinspirasi Bunga Mawar

Senin, 2 Maret 2020 07:40 WIB
Reporter : Eka Wahyu Pramita Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, JAKARTA - Desainer busana muslim Ayu Dyah Andari selalu dikenal dengan rancangan gaun gaunnya yang khas dan berwarna lembut. Tapi di koleksi Signature Series, ia memberikan element of surprise, terlihat berani dan berbeda dari yang biasanya dengan warna warna lebih bold.

Koleksi tersebut dirilis jelang penutupan Fashion Rhapsody 2020 pada Sabtu, 29 Februari 2020. Sebanyak 42 looks dirilis dengan inspirasi bunga mawar. Ayu Dyah Andari tampak bermain dengan desain klasik monogram dan ragam potongan desain mulai dari edgy dan classy. Tersedia pula ready to wear, outer yang dipakai sehari-hari, gaun pesta untuk acara resmi, tentunya yang tak ketinggalan gaun pengantin. 

"Koleksi saya berjudul signature yang inspirasinya dari bunga mawar. Kain saya bikin sendiri yang diwujudkan dalam lukisan, dibikin di atas tulle, bordir, diwujudkan dalam bentuk gaun dengan cutting Eropa klasik," ucap Ayu dalam konferensi pers di Jakarta, Rabu 26 Februari 2020.

Koleksi Signature Series karya desainer Ayu Dyah Andari diperagakan di panggung Fashion Rhapsody, Sabtu 29 Februari 2020. TEMPO/Eka Wahyu Pramita

Bunga mawar khas Ayu yang bermakna cinta dan kekuatan diwujudkan dalam bentuk monogram hingga bordir di atas bahan tulle yang ia desain dan produksi sendiri. Warna earth tones seperti bata, hijau, tanah, hingga merah marun memberi sentuhan berbeda dan berani.

Dalam perjalanan sembilan tahun berkarya, Ayu juga mewujudkan karyanya dengan tidak menyisakan kain yang dipakai. "Perca yang tersisa tidak terbuang, dibikin aplikasi bunga untuk gaun pesta. Baju wedding yang akan menutup koleksi saya terbuat dari sisa-sisa perca organdi berbentuk bunga mawar, disusun menjadi gaun pesta megah warna merah marun," pungkasnya.

Sejumlah selebriti turut hadir menjadi muse dan model pagelaran busana Ayu Dyah Andari di antaranya selebriti muda Syifa Hadju dan Michelle Ziudith serta selebriti hijabers Fenita Arie. Hadir pula Hamidah Rachmayanti, Adinda Amira, dan Fairuz Sakinah. Mereka tampil anggun dalam balutan gaun bak puteri dari negeri dongeng. Warna gaunnya didominasi rose gold dari bahan renda dan tulle.