Peneliti: Aroma Busana Pasangan Bisa Bikin Tidur Lebih Nyenyak

Ilustrasi tidur. Unsplash.com/Kinga Cichewicz

kesehatan

Peneliti: Aroma Busana Pasangan Bisa Bikin Tidur Lebih Nyenyak

Senin, 17 Februari 2020 23:20 WIB
Reporter : Tempo.co Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Apakah Anda pernah merasakan sewaktu kecil saat ayah atau ibu bepergian keluar kota, Anda tidur bersama pakaian mereka yang belum dicuci? Manfaatnya agar aroma orang tua tetap berada di dekat Anda. Ternyata itu bisa berlaku saat pasangan jauh dari Anda. Sebab aroma bisa mempengaruhi kerja otak Anda.

Contohnya, aroma mawar dapat membantu seseorang tidur lebih nyenyak. Lalu, sebuah penelitian baru menunjukkan aroma lain yang bisa membuat Anda tidur lebih cepat, yaitu aroma pasangan Anda.

Namun, bukan berarti Anda harus mencium pasangan setiap kali ingin tidur. Anda bisa mendapatkan aroma pasangan dengan menggunakan kausnya sebelum tidur.

Para peneliti di University of British Columbia, Vancouver, Kanada menganalisis data dari 155 partisipan dalam hubungan romantis dan jangka panjang. Setiap peserta diberi dua kaus terpisah, dan disuruh tidur dengan masing-masing kaus selama dua malam.

Satu kemeja polos, kemeja yang tidak digunakan, sementara yang lain telah dipakai oleh pasangan mereka selama 24 jam, dan kemudian dibekukan untuk menjaga aroma.

Setiap malam, para peserta mengenakan jam tidur untuk mengumpulkan data dan mengukur seberapa baik mereka tidur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketika mencium aroma pasangan mereka, peserta tertidur lebih cepat dan memiliki kualitas tidur yang lebih baik.

"Efek yang kami amati adalah serupa dalam besarnya dengan yang dilaporkan untuk suplemen melatonin,” kata Marlise Hofer, peneliti utama, dilansir laman Mind Body Green, Ahad, 16 Februari 2020.

Faktor yang menarik dari penelitian ini adalah bahwa para peserta tidak mengetahui baju apa yang mereka pakai tidur pada malam tertentu. Bahkan mereka diminta untuk menebak apakah mereka tidur dengan kemeja pasangan mereka atau tidak.

"Salah satu temuan paling mengejutkan adalah bagaimana aroma pasangan romantis dapat meningkatkan kualitas tidur bahkan di luar kesadaran kita," kata penulis, Frances Chen.

"Data pengamat tidur menunjukkan bahwa partisipan mengalami lebih sedikit bolak-balik ketika mencium aroma pasangan mereka, bahkan jika mereka tidak mengetahui aroma siapa yang mereka cium."

Kehadiran pasangan menenangkan, santai, dan telah terbukti memberi seseorang rasa aman. Dengan studi ini, para peneliti telah menemukan cara untuk menirukan efek-efek tersebut tanpa harus menghadirkan pasangan.

Jadi, jika ingin tidur lebih cepat dan nyenyak ketika sedang jauh dari pasangan, cobalah mengendus aroma pasangan yang tertinggal di kausnya.

MILA NOVITA