MUA Bubah Alfian Bagi Tips Sukses saat Ikut Lomba Merias Wajah

Bubah Alfian saat ditemui di acara Nivea #XPERTSquad Jabar Searching & Beauty Talk with Bubah Alfian di Yogya Kepatihan, Bandung, Jumat 14 Februari 2020. CANTIKA/Silvy Riana Putri

karir

MUA Bubah Alfian Bagi Tips Sukses saat Ikut Lomba Merias Wajah

Sabtu, 15 Februari 2020 09:25 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Bandung - Lomba merias wajah salah satu langkah yang bisa diambil makeup artist (MUA) dalam meningkatkan kemampuan diri. Sebab di ajang tersebut tak hanya bicara kompetisi, tapi juga saling bertukar informasi tren makeup dan menjalin koneksi dengan makeup artist lain yang menjadi peserta lomba.

Bubah Alfian, makeup artist langganan selebriti ini pun pernah mengikuti lomba merias wajah saat awal karier-nya pada 2011. Ia tak menampik ada rasa deg-degan menghampirinya saat berkompetisi.

“Dari pengalaman saya waktu ikut lomba, tangan saya gemeter banget. Tapi saya belajar dari lomba-lomba itu, aku bisa kurangi gemeter dengan fokus makeup. Pernah juga saya belajar makeup satu bulan, pas kemudian berhadapan dengan guru saya saat itu saya demam panggung. Untungnya, saya pernah bergabung di Jember Fashion Carnaval, jadi sekarang bisa sedikit lebih tenang,” kata Bubah Alfian saat menjadi salah satu juri di acara Nivea #XPERTSquad Jabar Searching di Yogya Kepatihan, Bandung, Jumat 14 Februari 2020.

Selain belajar tenang, Bubah juga mengungkapkan pentingnya persiapan dengan baik. “Untuk makeup artist yang pengin ikut lomba, pertama mereka harus menyiapkan konsep makeup yang matang dengan tema yang diberikan,” tutur Bubah Alfian.

(paling kiri) Bubah Alfian saat menjadi salah satu juri di acara Nivea #XPERTSquad Jabar Searching di Yogya Kepatihan, Bandung, Jumat 14 Februari 2020. CANTIKA/Silvy Riana Putri

Persiapan yang dimaksud Bubah termasuk rajin latihan sebelum perlombaan. “Sebelum lomba harus banyak latihan bagaimana menyelesaikan makeup dan rambut serta eksekusi total look yang bagus sesuai waktu yang ditetapkan. Misal, kayak tadi satu jam. Menurut saya, satu jam itu dah panjang waktunya. Latihan itu penting, kebersihan alat juga tak boleh dilupakan,” jelasnya.

Ada baiknya juga memilih model dengan kulit wajah yang sehat dan menggandeng fashion stylist atau penata gaya. “Bila belum berhasil saat lomba, bisa dievaluasi mungkin harus mencari model yang wajahnya bagus. Kenapa? Karena kita enggak bisa bohong makeup yang bagus berasal dari kulit yang bagus seperti kanvas pada lukisan. Matengin konsep lagi dengan bantuan fashion stylist untuk memberikan total look,” pungkas Bubah.