Resep Nugget Tempe Lezat dari Chef Yuda Bustara

Hidangan nugget tempe yang merupakan sumber protein nabati setara dengan protein daging kreasi Celebrity Chef Yuda Bustara di acara peluncuran program Royco Nutrimenu di Jakarta, Selasa 28 Januari 2020 (TEMPO/Eka Wahyu Pramita)

kuliner

Resep Nugget Tempe Lezat dari Chef Yuda Bustara

Rabu, 5 Februari 2020 19:11 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Rini Kustiani

CANTIKA.COM, Jakarta - Bosan dengan hidangan tempe yang hanya digoreng atau orak-arik, kini Bunda bisa mengolah tempe menjadi nugget. Resep dari Chef Yuda Bustara ini bisa jadi membuat ananda terkecoh karena tampilan luarnya benar-benar mirip dengan nugget ayam.

Setelah dicoba, barulah ketahuan kalau yang disantap adalah tempe. Per 100 miligram tempe mengandung 80 protein nabati, kalsium, vitamin B, dan vitamin B12. "Tempe merupakan hasil fermentasi dari kacang kedelai sebagai sumber protein nabati setara dengan protein daging," kata Chef Yuda Bustara di acara memasak bersama Royco Nutrimenu di Jakarta, Selasa 28 Januari 2020.

Berikut resep nugget tempe dari Chef Yuda Bustara.

Bahan:- 200 gram tempe, kukus- 1 buah wortel, kupas potong dadu kecil- 3 sdm tepung terigu- 1 butir telur ayam- 1 batang daun bawang, iris tipis- 4 siung bawang putih, parut- 1/2 sdt gula- 1/2 sdt merica bubuk- Minyak untuk menggoreng

Bahan pelapis:- 1 putih telur ayam- 100 gram tepung panir

Cara membuat:1. Di dalam mangkuk, hancurkan tempe, tambahkan sisa bahan kecuali minyak. Aduk rata.2. Tuangkan adonan tempe ke dalam loyang bersemir minyak. Kukus hingga matang dan padat. Angkat, biarkan hingga dingin.3. Potong tempe sesuai selera4. Celupkan ke dalam putih telur dan lapisi dengan tepung roti lalu goreng hingga kuning keemasan5. Sajikan dengan saus sambal atau sesuai selera

EKA WAHYU PRAMITA