Selain Alergi, Ini 3 Tanda Skincare Tak Cocok di Kulit Wajah Anda

Ilustrasi wajah bermasalah. Shutterstock

kecantikan

Selain Alergi, Ini 3 Tanda Skincare Tak Cocok di Kulit Wajah Anda

Senin, 3 Februari 2020 21:33 WIB
Reporter : Tempo.co Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Sebelum beristirahat, kita mencuci wajah dari makeup, debu hingga polusi udara yang melekat seharian. Usai proses pembersihan, kita mengaplikasikan produk perawatan kulit atau skincare yang cocok dengan kondisi kulit masing-masing. Penting memilih produk yang sesuai jenis kulit wajah.

Menurut Ketua Studi Dermatologi Kosmetik Indonesia Abraham Arimuko, setiap orang memiliki jenis kulit wajah berbeda yang dipengaruhi oleh gen, gaya hidup, dan lingkungan, sehingga reaksi yang muncul dari produk skincare juga berbeda.

Biasanya, butuh waktu agar produk skincare dapat bekerja. Bisa jadi berhari-hari, berminggu-minggu, dan berbulan-bulan. 

"Ada yang namanya reaksi, baru beberapa minggu kemudian bisa berefek, ada yang baru pakai langsung bereaksi. Bisa mendadak atau lambat. Kalau tidak ada reaksi tertentu yang berefek pada kulit wajah sampai empat bulan bisa dikatakan cocok," kata Abraham.

Lalu, kapan bisa tahu produk skincare Anda cocok atau tidak Abraham mengatakan, Anda mesti memahami efek atau tanda produk perawatan kulit tidak cocok untuk kulit wajah Anda. Pada umumnya akan timbul beruntusan yang arahnya nanti bisa memicu jerawat dan alergi.

Alergi bisa akut karena efeknya yang bisa cepat atau lambat. Lambat laun jika sampai beberapa minggu kemudian bisa menimbulkan alergi gatal, merah, jadi kasar.

"Kalau beruntusan biasanya penyebabnya adalah komedo yang tidak cocok sama kosmetik karena akan menutup pori-pori. Nah kalau pori-pori tertutup, kulit jadi tidak bisa bernapas, lemak tidak bisa keluar sehingga timbul jerawat," tutur Abraham.

Dilansir dari laman Total Beauty, Jumat 31 Januari 2020, berikut tanda-tanda yang muncul pada kulit wajah saat tidak cocok dengan skincare

1. Muncul jerawat lebih banyak

Jika biasanya jerawat hanya muncul di satu atau dua tempat sejak mencoba produk tertentu lalu muncul tidak terkendali, bisa jadi ini adalah tanda agar berhenti menggunakan produk tersebut. Anda disarankan mencoba produk perawatan wajah yang non-komedogenik atau memiliki formula berbasis air yang lebih ringan.

2. Warna kulit wajah tidak rata

Jika kulit memiliki warna yang tidak merata terutama pada area pipi, ini bisa menjadi pertanda Anda mengalami reaksi buruk terhadap beberapa bahan skincare yang dimaksudkan untuk mencerahkan kulit Anda.

Anda disarankan tidak menggunakan pencerah kulit apa pun sampai keseimbangan warna kulit pulih kembali. Seraya menunggu warna kulit kembali normal, Anda bisa tetap mengaplikasikan tabir surya setidaknya yang mengandung SPF 30.

3. Benjolan merah

Jerawat bukan satu-satunya benjolan yang harus Anda waspadai, benjolan kecil merah atau putih juga jelas bukan bagian klaim produk skincare. Benjolan ini menandakan reaksi sensitif terhadap produk yang Anda pakai. Selain itu juga sebagai tanda jika produk yang Anda pakai memiliki kandungan minyak terlalu tinggi.

EKA WAHYU PRAMITA