Veronica Tan Luncurkan LoveCare, Cek Apa Saja Pelayanannya

President Commisioner LoveCare Veronica Tan usai ditemui di acara peluncuran aplikasi homecare LoveCare di Jakarta, Kamis 30 Januari 2020 (TEMPO/Eka Wahyu Pramita)

kesehatan

Veronica Tan Luncurkan LoveCare, Cek Apa Saja Pelayanannya

Sabtu, 1 Februari 2020 17:50 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Rini Kustiani

CANTIKA.COM, JakartaVeronica Tan meluncurkan sebuah aplikasi layanan kesehatan bernama LoveCare. Melalui LoveCare, masyarakat dapat memanfaatkan jasa perawat untuk orang sakit, lanjut usia, sampai anak berkebutuhan khusus pasca-perawatan di rumah sakit.

Pada layanan ini, Veronica Tan menjabat sebagai President Commisioner LoveCare. Dia membuat aplikasi tersebut bersama dokter Carmen S Jahja, dokter Venita Eng, Annette Anhar, Susan Nio, dan Renold Sutadi.

Saat peluncuran LoveCare pada Kamis, 30 Januari 2020, Veronica Tan mengatakan tergerak membuat layanan perawatan ini karena terinspirasi berbagai kondisi. Saat menjabat Ketua Yayasan Kanker Indonesia DKI Jakarta dia ingin membuat inovasi di sektor kesehatan melalui teknologi.

Ditambah lagi saat ibunya sakit dan neneknya mengidap Alzheimer, keluarga Veronica Tan membutuhkan jasa perawat untuk membantu mengurus mereka di rumah. "Yang paling penting ialah melayani bukan hanya dari segi medias, tapi juga mendampingi dan menganggap pasien seperti orang tua," kata Veronica Tan."Kalau cuma medis tapi tidak diajak ngobrol dan tidak ditemani secara batin, kan tidak optimal. Jadi paling utama ialah merawat dengan cinta."

President Commisioner LoveCare, Veronica Tan saat peluncuran aplikasi layanan homecare LoveCare di Jakarta. Foto: Instagram

Veronica Tan mengatakan LoveCare adalah hasil kolaborasi antara hati, kesehatan, dan teknologi. LoveCare bisa diunduh di ponsel berbasis Android dan iOS, serta tersedia dalam bentuk situs di lovecare.id.

Beberapa layanan yang ditawarkan LoveCare adalah:

  • Kegiatan Sehari-HariPerawat menemani dan membantu kegiatan sehari-hari atau Activities of Daily Living (ADLs). Misalnya, makan, minum, mengingatkan untuk minum obat, mengajak klien tetap aktif, companionship dan medical appointments.

  • Tindakan KeperawatanKlien juga bisa mendapatkan tindakan keperawatan seperti merawat luka atau stoma, memasang infus, memasang kateter, dan memasang nasogasic tube di rumah.

  • Home TherapyAda pula layanan rehabilitasi untuk mendukung penyembuhan klien oleh terapis profesional di rumah.

Veronica Tan memastikan setiap perawat atau terapis yang melayani klien di LoveCare telah melalui proses penyaringan dan mendapatkan pelatihan secara fisik dan mental. "Karena ini menyangkut nyawa seseorang, jadi kami seleksi betul kualitasnya," kata Veronica Tan.

Sebelum menggunakan jasa perawat atau terapis dari LoveCare, pengguna harus memasukkan data pribadi dan orang yang menggunakan jasa perawatan, apakah anak, suami, istri, ayah, ibu, atau lainnya. Khusus untuk penerima jasa perawatan, LoveCare mesti mengetahui rekam medisnya sehingga dapat mengetahui bentuk layanan yang diperlukan.

Dengan begitu, perawat atau terapis sudah mengetahui apa saja yang harus dilakukan saat menjalankan tugas. Perawat atau terapis itu juga harus mengisi apa saja yang dia kerjakan selama bersama klien. Contoh, pasien mengalami luka yang harus dibersihkan setiap dua jam. Maka pengguna boleh meminta perawat untuk membersihkan luka tersebut dengan teknik dan pengobatan sesuai dengan anjuran dokter.

Klien dapat memilih layanandari perawat pria atau perempuan, serta menentukan paket layanan. Apakah harian, mingguan, maupun bulanan, sesuai kebutuhan.

EKA WAHYU PRAMITA | RINI KUSTIANI