8 Ciri Pasangan Posesif, Ada Menjauhkan dari Keluarga dan Teman

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi pasangan. Shutterstock

Ilustrasi pasangan. Shutterstock

IKLAN

4. Selalu ingin tahu semua hal tentang diri Anda secara berlebihan

Pasangan yang posesif, merasa berhak untuk mengetahui segala hal yang berhubungan dengan Anda. Padahal, dalam hubungan yang sehat, tidak ada salahnya jika masih ada hal-hal yang sebaiknya menjadi privasi.

Orang yang posesif, akan melakukan segala cara untuk mengetahui semua informasi Anda. Ia tidak akan segan untuk membaca semua pesan singkat di ponsel Anda secara diam-diam, atau membaca semua e-mail yang masuk ke akun Anda, atau bahkan mengecek riwayat pencarian di komputer Anda.

5. Menggunakan rasa bersalah Anda sebagai senjata utama

Orang yang posesif, juga pandai memanipulasi pasangannya. Ia akan membuat Anda terus-menerus merasa bersalah, akan semua permasalahan yang terjadi dalam hubungan Anda dengannya.

6. Membuat seolah-olah Anda memiliki utang

Memberikan banyak barang-barang yang mahal saat masa-masa awal pacaran, mungkin bisa terlihat sebagai gestur romantis. Namun, orang posesif lagi-lagi pandai memanipulasi pasangannya.

Dengan memberikan hal-hal tersebut, ia mengharapkan hal lain sebagai balasan. Dengan kata lain, ia secara tidak langsung membuat Anda berutang sesuatu kepadanya. Ia juga akan membuat Anda merasa bahwa ia telah memberikan segalanya kepada Anda, sehingga Anda harus menuruti kemauannya.

7. Cemburu berlebihan

Cemburu memang bisa menjadi salah satu bumbu dalam hubungan percintaan. Namun, jika berlebihan, tentu itu bukanlah suatu hal yang menyenangkan. Bagi orang berperilaku posesif, rasa cemburu bisa berubah menjadi sesuatu yang menyeramkan.

Ia bisa saja mengancam Anda atau orang yang ia cemburui. Ia juga akan membuat seolah-olah itu salah Anda, saat ada orang lain yang peduli dengan Anda. Ia akan mengatakan bahwa Anda berpakaian terlalu “mengundang” misalnya, atau bersikap terlalu ramah kepada orang lain.

8. Kerap merendahkan pemikiran Anda

Setiap orang pasti punya beberapa pandangan dalam hidupnya, yang sudah dipercayai sejak lama, seperti pilihan partai politik atau tradisi kebudayaan, misalnya. Ketika kita memiliki pasangan dengan pandangan yang berbeda, tapi bisa memulai diskusi yang sehat, tentu ini adalah hal yang positif.

Namun, jika perdebatan Anda dengan pasangan terhadap pandangan masing-masing justru membuat Anda merasa salah, dan pasangan memaksakan pandangannya, maka hal tersebut sudah masuk perilaku controlling.

SEHATQ

Halaman

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."