5 Tips Menata Rumah dari Ahli Feng Shui, Utamakan Sirkulasi Udara

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
 Pot tanaman hijau di ruang keluarga karya HelloEmbryo (Sumber: arsitag.com)

Pot tanaman hijau di ruang keluarga karya HelloEmbryo (Sumber: arsitag.com)

IKLAN

3. Letak tempat tidur

Dalam banyak kasus, Angelina mengatakan gangguan kesehatan bisa muncul karena letak tempat tidur yang tidak sesuai. Sebab, tempat tidur dipakai setidaknya tujuh hingga delapan jam sehari. 

Menurut dia, hal dasar mengatur letak tempat tidur adalah pada saat kita tidur bisa melihat pintu masuk, jadi siapa pun yang datang bisa terlihat. Atau untuk rumah dengan lantai satu disarankan juga tidak membelakangi jendela. Jangan pula kita tidur langsung menghadap ke pintu masuk secara langsung.

"Intinya angin yang masuk mengalir harmonis seimbang tidak terlalu pengap tapi juga tidak terlalu kencang. Energi kurang harmonis dipicu oleh faktor sirkulasi udara yang kurang baik," lanjut Angelina.

 4. Rumah rapi dan bersih

Kelihatan sederhana, tapi rumah bersih dan rapi juga mempengaruhi feng shui rumah. Menurut Angelina, kalau rumah kita bersih maka energi alam atau qi akan harmonis bagi penghuninya.

Tak hanya dalam ruangan, bagian luar rumah juga kerap terabaikan. Padahal area luar rumah juga sama pentingnya karena menjadi sumber energi atau qi yang akan masuk dalam rumah.

Area luar bersih maka kualitas qi akan bagus, area luar rapi maka qi akan leluasa untuk masuk ke dalam rumah.

Berikut beberapa poin yang bisa diperbaiki di rumah Anda. 

- Bebas barang bertumpuk

Pastikan area depan bebas dari barang bertumpuk, semakin lapang, bersih, dan rapi akan semakin baik. Termasuk rak sepatu di depan tata dengan rapi.

- Bersihkan bercak tembok

Bersihkan tembok dari bercak atau cat terkelupas tentu tidak indah dilihat, selain itu partikel jamur atau noda cat terkelupas bisa masuk dalam rumah saat tertiup angin, kurang baik untuk kesehatan jangka panjang.

- Singkirkan tanaman rusak

Buang tanaman yang layu, membusuk atau kering dan gunakan tanaman yang mudah dirawat atau daun warna hijau

- Sampah jauh dari pintu utama

Seringkali sampah menumpuk depan rumah dan menimbulkan bau yang bisa masuk ke rumah, usahakan sejauh mungkin dari pintu utama rumah Anda.

Angelina menegaskan bahwa dalam penataan rumah yang terpenting adalah
indah dilihat dan sirkulasi udara lancar yang menggambarkan kebersihan dan keindahan.

"Rumah bersih dan rapi dulu agar indah dilihat, ruangan clean dan light, tidak terlalu banyak barang yang membuat energi positif terhambat," jelas ia.

Penyesuaian feng shui rumah menurutnya bukan untuk menganjurkan Anda melakukan renovasi setiap tahun, tetapi menentukan lokasi tempat tidur, sofa kursi santai atau kursi kerja yang paling sering kita gunakan sehari-hari di sektor terbaik yang dapat mendatangkan peruntungan terbaik di tahun ini. 

EKA WAHYU PRAMITA

Halaman

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."