5 Tips Menata Rumah dari Ahli Feng Shui, Utamakan Sirkulasi Udara

Pot tanaman hijau di ruang keluarga karya HelloEmbryo (Sumber: arsitag.com)

ragam

5 Tips Menata Rumah dari Ahli Feng Shui, Utamakan Sirkulasi Udara

Minggu, 26 Januari 2020 13:00 WIB
Reporter : Tempo.co Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, JakartaFeng shui sebagai ilmu dan panduan mengharmoniskan manusia dengan lingkungan di sekitarnya yang menggunakan energi alam seperti angin, udara, dan sinar matahari untuk meningkatkan kesejahteraan seseorang. Rumah dengan pengaturan feng shui diyakini dapat memberikan manfaat terbaik bagi penghuninya seperti vitalitas yang lebih baik, lebih bersemangat dan sehat yang lebih baik. Bagaimana pengaturan rumah di tahun Tikus Logam? 

Menurut feng shui sebuah rumah ditempatkan berdasarkan energi periode 20 tahunan yang mempengaruhi peruntungan penghuninya dalam jangka panjang. Pada saat yang bersamaan, rumah juga membutuhkan energi yang cepat dan singkat yang memberikan efek yang lebih dominan. 

Pengaturan feng shui tahunan diperlukan untuk mengatur Keberuntungan Anda, termasuk kelancaran dalam keuangan, keharmonisan, vitalitas dan kesehatan, selalu prima setiap tahun. 

Berikut panduan menata rumah sesuai feng shui menurut konsultan senior dari Feng Shui Consulting Indonesia Angelina Fang. 

1. Sirkulasi udara

Menurut Angelina, hal yang paling dasar dalam Feng Shui ialah rumah harus memiliki sirkulasi udara yang bagus dan memadai. Setiap hari buka jendela dan pintu agar udara masuk membawa oksigen yang menyehatkan penghuninya. Kalau fisiknya sehat otomatis pikiran juga bisa berfungsi dengan baik untuk memutuskan banyak hal termasuk soal bisnis atau investasi. 

"Tidak ada istilah salahnya arah hadap rumah karena yang terpenting ialah menjaga sirkulasi udara di rumah tetap berfungsi dengan baik," ucap Angelina saat ditemui di kediamannya di kawasan Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara, Senin, 20 Januari 2020.

Angelina Fang, Senior Consultant Feng Shui dari Feng Shui Consulting Indonesia, saat ditemui di kediamannya di kawasan Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara, Senin 20 Januari 2020.TEMPO/ Eka Wahyu Pramita

2. Letak benda

Dalam ilmu feng shui, peletakan benda juga punya panduannya. Begini cara mengatur letak benda di rumah yang bisa Anda terapkan. 

Berdiri di tengah ruangan sesuai dengan arah mata angin merujuk pada petunjuk kompas dengan range 315 derajat sampai 0 derajat. Disarankan bisa letakkan kipas angin di sebelah utara yang mengarah ke dalam rumah.

"Lalu nyalakan kipas angin tiap pagi yang bisa menggerakkan energi secara harmonis, kemudian lampu LED bisa dipilih dengan warna keberuntungan seperti merah, pink, atau ungu di bagian utara," ucap Angelina.