Kiat Makeup untuk Menyamarkan Kerutan Garis Senyum dan Mata

Ilustrasi wanita melamun sambil tersenyum. shutterstock.com

kecantikan

Kiat Makeup untuk Menyamarkan Kerutan Garis Senyum dan Mata

Sabtu, 25 Januari 2020 14:00 WIB
Reporter : Tempo.co Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Garis senyum atau kadang disebut garis tawa adalah jenis kerutan yang menonjol dan berkembang di sekitar mulut atau bibir kita dan kentara saat Anda tersenyum. Begitu juga dengan garis mata adalah jenis kerutan yang muncul di area mata terutama samping bawah dan akan jelas saat Anda tertawa.

Penyebab utama munculnya garis senyum dan garis mata ialah hilangnya elastisitas (kolagen), kulit kering, genetika, merokok, dan kerusakan akibat sinar matahari.

Makeup Artist (MUA) Profesional, Dean mengatakan jika pembentukan wajah tidak hanya menerapkan metode tertentu, tetapi juga bisa melalui teknik makeup. Di situlah tantangan MUA harus bisa mengeluarkan karakter masing-masing individu.

Namun menurutnya, teknik yang diaplikasikan dengan makeup tentunya berbeda dengan versi yang diterapkan oleh klinik kecantikan. Meskipun punya tujuan yang sama, pada dasarnya makeup menggunakan perpaduan antara teknik dan unsur seni yang tinggi agar membuat seseorang tampil lebih cantik, terlihat muda, dan lebih segar. Temasuk juga ketika Anda ingin menyamarkan garis senyum dan garis mata yang terkadang cukup mengganggu.

"Jadi sebenarnya teknik makeup juga mengacu pada beauty code masing-masing individu. Yang membedakan kalau di klinik kecantikan menggunakan variasi treatment untuk menghasilkan face reshaping yang ideal dan proporsional, sementara di makeup saya menggunakan perpaduan teknik warna untuk mendapatkan hasil wajah yang cantik dari berbagai angle," ucapnya dalam acara Unlocking The Code For Ageless Beauty di Jakarta, Rabu 22 Januari 2020.

Seiring bertambah usia, jenis kerutan ini mungkin tidak terhindarkan. Namun Anda memiliki banyak opsi untuk menyingkirkannya, termasuk dengan bantuan makeup.

Dean membagikan beberapa tips makeup menyamarkan garis senyum untuk sehari-hari atau saat acara tertentu. 

1. Concealer

Anda bisa memaksimalkan tiga tone untuk concealer, tiga tone lebih terang dari yang aslinya. "Bisa diakali dengan foundation yang teksturnya kental. Kalau cair atau encer tapi rendah coverage-nya," kata Dean.

2. Foundation

Cari foundation yang warnanya paling sesuai dengan kulit kita. Karena kalau keputihan bisa menjadi abu-abu. "Jadi pilihan warna foundation menjadi kunci akan bantu menyamarkan masalah garis wajah," imbuh Dean.

3. Contouring

Tak perlu bingung pakai contouring, pilih saja blush on warna oranye agar terlihat lebih tirus, warna merah muda justru sebaliknya. Aplikasikan di pipi bagian atas dekat garis mata. 

"Kalau cokelat untuk contour, kalau bingung daripada salah, pilihan menarik yang instan adalah blush on yang warnanya oranye. Kalau mau kelihatan volume di bagian atas pipi diberi warna pink," ucapnya.

4. Loose powder

Biasanya foundation dianggap lebih penting dibanding loose powder. Anda bisa menggunakan loose powder tipis-tipis setelah primer kering, sehingga ketika terpapar sinar matahari seolah mengunci tampilan saat berkeringat, dan tidak mudah crack.

"Intensitas pengaplikasian foundie pasti sama takutnya belang-belang. Risikonya smile lines pasti akan crack sama garis mata. Ada tipsnya, harusnya pakai tisu dulu, jadi area minyak terangkat baru pakai spons bedak padat," pungkasnya.

EKA WAHYU PRAMITA