Anjuran Makanan untuk Program Hamil, Coba Telur hingga Salmon

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi suami istri konsultasi ke dokter. medmarkallied.com

Ilustrasi suami istri konsultasi ke dokter. medmarkallied.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Menjalani program hamil tentu tidaklah mudah, perlu tekad yang kuat dari Anda dan pasangan. Selain itu juga butuh waktu, usaha, dan kesabaran yang tinggi. Namun, ada beberapa tips yang dapat membantu Anda berdua untuk menyukseskan program kehamilan, salah satunya dari pilihan makanan. 

Berikut ini daftar makanan yang wajib dikonsumsi dan dihindari saat menjalani program hamil.

1. Kandungan seng

Kandungan seng yang tinggi dalam tiram dapat memompa produksi sperma dan testosteron sehingga meningkatkan kemungkinan untuk hamil. Namun, jika Anda tidak menyukai tiram maka seng dapat diperoleh dari daging sapi tanpa lemak, unggas, susu, kacang-kacangan, atau telur.

2. Buah dan sayuran

Beberapa buah dan sayuran mampu melindungi sperma dari kerusakan. Sayuran berdaun hijau mengandung folat (vitamin B kompleks) yang dapat mencegah sperma memiliki kromosom abnormal.

Selain itu, kandungan vitamin C yang terdapat dalam buah jeruk, tomat, dan beri juga bisa meningkatkan kualitas sperma. Sementara, kandungan vitamin A dalam aprikot, wortel, dan paprika merah dapat menjaga sperma agar tidak lamban.

3. Lemak sehat omega-3

Kandungan lemak sehat omega-3 seperti yang terkandung dalam salmon, sarden, sayuran berdaun hijau, dan kacang walnut, dapat meningkatkan jumlah dan kemampuan sperma bergerak.

Selain itu, dapat memberi efek positif pada kesuburan, meningkatkan kualitas sel telur, membantu mengatur ovulasi, dan menunda penuaan ovarium.

Tak hanya itu, ada pula makanan yang dilarang untuk program hamil. Berbagai makanan tersebut, di antaranya.

- Lemak jenuh, seperti makanan cepat saji ayam goreng, kentang goreng, burger dapat merusak bentuk dan ukuran sperma, serta membuatnya kurang kuat.

- Kafein dan alkohol. Kedua asupan tersebut dianggap dapat menggagalkan program hamil yang Anda lakukan. Sebab, kafein dan alkohol dapat memengaruhi kesuburan Anda bersama pasangan. Jika Anda ingin hamil, maka Anda harus membatasi atau bahkan berhenti mengkonsumsinya.

Jangan lupa, Anda berkonsultasi dengan dokter untuk memilih makanan mana yang paling cocok dengan kondisi program hamil Anda.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."