11 Cara Usir Barisan Semut Membandel, Ada Kopi dan Lada

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi semut. Pixabay.com

Ilustrasi semut. Pixabay.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Di setiap rumah tentu ada semut yang bersarang. Semut akan keluar dari sarangnya guna mencari makan atau saat ada makanan maupun minuman yang berceceran atau tumpah. Ya, kadang Anda tidak menyadari sedikit remah-remah makanan atau noda minuman bisa memancing pasukan semut.

Hal ini tentu mengganggu kenyamanan Anda ketika sedang berada di rumah. Tak heran jika Anda melakukan banyak cara untuk mengusir semut. Salah satu cara yang umum dilakukan untuk mengusir semut adalah dengan menyemprot obat nyamuk berbahan pestisida.

Tetapi, terlalu sering menggunakan pestisida di rumah dapat berdampak buruk bagi penghuni rumah, terutama apabila jarak penyemprotan dekat dengan makanan atau minuman. 

Supaya ini tidak terjadi lagi, ada baiknya Anda beralih menggunakan bahan-bahan yang ada di dapur atau rumah Anda untuk mengusir semut dengan aman dan efektif.

Berikut 11 cara mengusir semut di rumah

1. Lada atau cabe bubuk

Salah satu cara mengusir semut membandel di rumah adalah dengan memakai lada. Jika sudah mulai banyak barisan semut, Anda bisa menaburkan bubuk lada hitam atau cabai di dekat barisan semut, maupun di pinggir lantai atau tembok.

Aroma lada dan cabai bubuk dapat membuat semut enggan naik ke permukaan lemari atau meja makan. 

 

2. Bubuk kayu manis

Bubuk kayu manis juga menjadi salah satu bahan alami yang digunakan untuk mengusir semut. Bahkan ada sebuah riset yang menggunakan minyak esensial kayu manis dengan konsentrat tinggi untuk mendukung langkah ini.

Meski belum diketahui tingkat keefektivitasannya, tidak ada salahnya bila Anda mencoba cara mengusir semut dengan bubuk kayu manis. Anda bisa menaburkan bubuk ini di area rumah Anda yang sering dilewati oleh semut.

3. Tepung maizena (tepung jagung)

Jika menemukan banyak semut di dapur, Anda bisa menggunakan tepung maizena. Bagaimanakah caranya? Taburkan tepung maizena di area dapur rumah Anda yang mungkin terdapat sarang semut.

Anda juga bisa menambahkan air di atas taburan tepung. Meski akan tampak berantakan, campuran tepung dan air tersebut bisa mematikan banyak semut.

4. Bubuk atau ampas kopi

Selain lada bubuk dan bubuk kayu manis, Anda bisa menaburkan bubuk atau ampas kopi ke area halaman rumah yang kerap menjadi sarang semut. Misalnya, di dekat pot tanaman. Cara ini juga diyakini dapat mengusir semut yang bersarang di rumah Anda. Mudah dan efektif, bukan?

5. Cuka

Cuka dapat membunuh semut maupun mengusirnya. Jika melihat barisan semut yang membandel di pinggir lantai atau atas meja, Anda bisa membasminya dengan membubuhkan larutan cuka bercampur air, atau hanya cairan cuka. 

Aroma cuka mungkin tidak tahan lama pada indera penciuman manusia, tapi beda untuk semut. Hewan kecil ini dapat mencium bau cuka yang sudah kering dan menghindarinya. 

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."