Tips Agar Serum Menyerap Sempurna, Pakai Teknik Layering

Ilustrasi serum kulit. Shutterstock

kecantikan

Tips Agar Serum Menyerap Sempurna, Pakai Teknik Layering

Sabtu, 18 Januari 2020 18:30 WIB
Reporter : Tempo.co Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Serum salah satu produk dalam rutinitas perawatan kulit. Serum biasanya diterapkan setelah kulit dibersihkan tetapi sebelum melembapkan dengan tujuan agar bahan-bahan aktif dapat langsung menyerap dalam kulit.  

Serum terdiri dari molekul yang lebih kecil yang dapat menembus jauh ke dalam lapisan kulit dengan konsentrasi bahan aktif yang sangat tinggi. Fungsinya menjadi alat untuk menargetkan masalah perawatan kulit tertentu, seperti tanda penuaan misalnya kerutan.

Agar serum bekerja secara maksimal, selain pengaplikasiannya sudah sesuai, Anda juga bisa mencoba teknik layering yang sedang digandrungi. Dari riset yang dilakukan YSL Beaute Indonesia pada sampel 5000 wanita, masing-masing dari mereka punya prioritas perawatan kulit. Ada yang punya masalah spesifik, misal kerutan saja, atau kerutan dengan kusam.

Skincare Expert YSL Beaute Indonesia Koko Andreas mengatakan memakai serum yang terpisah seperti ini bekerja lebih efektif dibandingkan dengan memakai satu produk yang menawarkan fungsi ganda. Sebab masing-masing serum memiliki fungsi yang berbeda.

Skincare Expert YSL Beaute Indonesia, Koko Andreas, saat ditemui di acara launching Pure Shoot di Jakarta, Rabu 15 Januari 2020. TEMPO/Eka Wahyu Pramita

"Serum pada umumnya bisa dipakai 1 (sendiri), atau bisa juga dengan teknik layering. Direkomendasikan pakai yang paling dasar dulu. Kalau di YSL kami menyarankan night reboot serum dulu dengan tekstur yang paling ringan Kandungan acid 3,4 persen bisa mengangkat sel kulit mati yang menumpuk sehingga dapat me-recharge kulit dalam satu malam," kata ia saat ditemui di acara launching Pure Shoot YSL Beaute di Jakarta, Rabu 15 Januari 2020.

Setelah night reboot dengan teknik layering aplikasikan serum yang teksturnya lebih kental dan memiliki fungsi lain.

Misalnya ada yang fungsinya untuk membentuk wajah, cegah penuaan dan mencerahkan, "Baru setelah itu Anda bisa memakai krim atau moisturizer yang akan menutup seluruh pori-pori. Fungsinya untuk menutup dan mengunci serum," tambah Koko.

Koko mengingatkan agar Anda memberi jeda waktu sekitar satu menit sampai lapisan serum sebelumnya kering dan meresap. "Nah, kalau sebelumnya sedang pakai obat atau krim dari dokter, beri jeda sebulan terlebih dulu agar fungsinya lebih optimal," saran Koko.

EKA WAHYU PRAMITA