Cara Membedakan Essence dengan Serum

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi serum kulit. Shutterstock

Ilustrasi serum kulit. Shutterstock

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Bagi pemula saat membeli produk perawatan kulit kadang terbersit apa bedanya produk yang satu dengan lainnya. Untuk mengetahui detail manfaatnya, hal pertama yang harus dilakukan adalah membaca keterangan di label. Mulai dari kandungan bahan, cara pengaplikasiian produk hingga penyimpanan. Tidak disarankan membeli produk yang tidak menyertakan keterangan di atas sebab itu bagian dari keamanan yang harus didapat pembeli produk perawatan kulit. Kali ini kita membahas bedanya essence dan serum.

Keduanya sama-sama berfungsi untuk merawat kesehatan kulit mulai dari mencerahkan kulit, menyamarkan noda hitam, membuat kenyal, ikut mengontrol produksi minyak di wajah hingga mencegah gejala penuaan. Lalu di mana letak perbedaannya?

Serum dan essence itu bedanya di konsentrat atau konsentrasi bahan aktifnya. Serum lebih konsentrat atau lebih tinggi bahan aktifnya. Sementara essens lebih ringan. Kalau diibaratkan serum dicampur toner itulah essence,” kata Rizqa Ridhayati Zulka product specialist FMCG PT EIG Dermal Wellness Indonesia saat ditemui di acara peluncuran Nurish Organiq di Jakarta Selatan, Rabu 4 September 2019.

Bagi pemilik kulit wajah sensitif disarankan menggunakan konsentrat yang lebih rendah. “Kulit sensitif bila dipasangkan dengan konsentrat yang tinggi bisa memicu sensitivitas kulitnya. Lebih baik pakai essence yang konsentratnya lebih rendah. Tapi kembali lagi, si pemakai produk yang tahu betul jenis kulitnya. Tapi lebih baik pilih salah satu untuk si pemilik kulit sensitif, jangan kedua-duanya dipakai,” jelas Rizqa.

Untuk jenis kulit normal hingga kering boleh memakai keduanya baik essence dan serum. Urutan pemakaiannya adalah essence, setelah itu serum. Cara pengaplikasiannya lewat pijatan lembut jari di seluruh area kulit wajah. "Jenis produk yang sifatnya konsentrat seperti serum dan essence dipakai dengan cara dipijat lembut sampai benar-benar meresap ke wajah. Arah gerakannya tetap ke atas," tutur Rizqa.

Khusus untuk pengaplikasian serum mata, ia menyarankan menggunakan jari manis. “Kiat saat mengaplikasikan serum mata lebih baik pakai jari manis dan dipijat di area tulang mata dari arah bawah ke atas. Jari manis dipilih karena tekanannya tidak sekuat jari yang lain. Area mata itu lebih sensitif dan rapuh, maka treatment-nya berbeda,” tandas Rizqa.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."