5 Manfaat Eksfoliasi Kulit Area Mata, Cegah Milia dan Kerutan

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi kulit kusam/lelah. Shutterstock.com

Ilustrasi kulit kusam/lelah. Shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Beragam faktor yang membuat kulit sekitar mata Anda lebih sensitif dari bagian lainnya. Antara lain paparan sinar matahari yang menyebabkan munculnya tanda-tanda penuaan dini seperti kerutan halus. 

Meskipun paling tipis, kulit di area mata Anda bisa mendapatkan manfaat dari banyak teknik anti-penuaan yang sama dengan kulit wajah di area lainnya. Kebanyakan wanita memilih jalan keluar dengan pemakaian krim mata atau concealer yang secara artifisial menyamarkan garis halus.

Namun, kunci merawat area sekitar mata yang sebenarnya adalah menggunakan exfoliator yang dirancang khusus untuk kulit tipis di bawah mata Anda. Berikut adalah lima alasan utama untuk menambahkan eksfoliasi area mata seperti yang dilansir dari laman Bioelement, Sabtu, 11 Januari 2020.

1. Merangsang pergantian sel

Jika Anda ingin tahu cara menghilangkan sel kulit mati, maka merangsang pergantian sel sangat penting. Lakukan pengelupasan di bawah mata dengan eksfoliasi untuk memperbarui dan meregenerasi kulit dengan cepat sehingga area mata lebih halus dan lebih cerah.

2. Meminimalisasi milia

Milia berbentuk kecil, keras, benjolan putih yang sering muncul di kulit di bawah mata Anda. Benjolan yang membuat frustrasi ini tidak berbahaya, tetapi dapat berlangsung berminggu-minggu, berbulan-bulan, bahkan bertahun-tahun. 

Milia terjadi ketika kulit mati dan keratin terperangkap di bawah permukaan kulit, membentuk kista kecil. Meskipun tidak sedap dipandang, milia seharusnya tidak menimbulkan rasa sakit. Jika Anda mengalami rasa sakit, pergilah ke dokter kulit.

Fungsi eksfoliasi di bawah mata tidak hanya menyegarkan mata Anda tapi membantu menghilangkan milia yang membandel.

3. Angkat sel-sel kulit mati dan kusam

Jika Anda tidak melakukan eksfoliasi di bagian bawah mata, sel-sel kulit mati dan kusam akan menumpuk yang menyebabkan kulit bersisik dan tidak mudah menyerap produk. Hal ini membuat krim mata anti-penuaan tidak berguna.

Pengelupasan di bawah mata adalah suatu keharusan jika Anda menginginkan hasil terbaik dari produk Anda yang lain. Menghapus lapisan permukaan kulit mati memungkinkan bahan aktif dalam produk yang Anda terapkan agar bekerja lebih keras. 

4. Menghilangkan garis-garis halus

Jika Anda membiarkan sel-sel kulit mati menumpuk, ini tidak hanya menghambat penyerapan produk lain, tetapi juga menekan dan bahkan memperburuk garis-garis halus.

Eksfoliasi kulit kering di sekitar mata sebelum menggunakan krim mata yang menghidrasi agar kulit menyerap kelembapan dengan lebih efisien. Kondisi kulit lebih kencang dan meminimalkan munculnya garis-garis halus dan kerutan. Pengelupasan di bawah mata juga bisa membantu mencegahnya memburuk.

5. Bebas lipatan mata

Pernah bertanya-tanya apa triknya untuk membuat concealer bebas lipatan? Eksfoliasi dan pelembap yang tepat akan menciptakan kanvas yang sempurna untuk concealer Anda. 

Dengan kulit yang dihaluskan, bebas dari sel-sel kulit mati yang berlebih, concealer akan bekerja secara merata dan bertahan sepanjang hari. Bisa jadi Anda bahkan mungkin tidak perlu concealer dengan rutinitas perawatan kulit yang tepat.

EKA WAHYU PRAMITA

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."