Fashion Retno Marsudi saat Bertugas di Uni Emirat Arab, Monokrom dan Syal

(ketiga dari kiri) Menteri Luar Negeri Retno Marsudi bersama Presiden Republik Indonesia Joko Widodo dalam kunjungan kenegaraan di Uni Emirat Arab. Foto ini diunggah di Instagram pada Senin, 13 Januari 2020. Instagram/@retno_marsudi

kecantikan

Fashion Retno Marsudi saat Bertugas di Uni Emirat Arab, Monokrom dan Syal

Selasa, 14 Januari 2020 15:30 WIB
Reporter : Eka Wahyu Pramita Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, JAKARTA - Menemani Presiden Republik Indonesia Joko Widodo atau Jokowi dalam rangka kunjungan kenegaraan ke Uni Emirat Arab, sejak Ahad, 12 Januari 2020, Menteri luar negeri Retno Marsudi tampil dengan gaya andalannya, monokrom dilengkapi aksesori.

"A day to remember, mendampingi Presiden Jokowi dalam kunjungan kenegaraan ke Persatuan Emirat Arab. Kunjungan yang menghasilkan 5 MoUs antar pemerintah, 11 dokumen kesepakatan bisnis senilai USD 6,8 miliar dengan total investasi sebesar ISD 22,89 miliar," tulis Retno di keterangan foto yang diunggah pada 13 Januari 2020.

"To top it off, kabar gembira dari anak saya, saya sekarang bertambah gelar menjadi eyang uti. Can't wait to meet the bundle of joy," lanjut Retno.

Retno Marsudi di momen peletakkan batu pertama gedung baru KBRI Abu Dhabi, 12 Januari 2020. Instagram/@retno_marsudi

Menteri Retno memulai unggahan perjalanannya ke Uni Emirat Arab lewat unggahan peletakkan batu pertama gedung baru KBRI Abu Dhabi pada 12 Januari 2020. Ia tampil dalam balutan busana serba hitam dilengkapi sneakers hitam. Retno juga tampak mengenakan kerudung monokrom.

Pada unggahan lain, Retno Marsudi tampil edgy dengan setelan monokrom warna hitam dilengkapi syal berbahan satin warna hijau emerald campur peach. Untuk menambah nuansa feminin, perempuan kelahiran 27 November 1962 ini memakai giwang warna off white motif daun.

(paling kiri) Retno Marsudi. Instagram/@retno_marsudi

Seperti pernah diberitakan alasan Retno mengenakan baju hitam karena paling aman dikenakan sebagai diplomat yang banyak melakukan pertemuan dan acara resmi kenegaraan.

Namun agar gaya busananya tidak terlihat terlalu polos, perempuan kelahiran Semarang, Jawa Tengah ini kerap menambahkan sentuhan aksesori. Misalnya seperti pita, bros, syal, dan perhiasan seperti mutiara asli Indonesia.

Di berbagai kesempatan, Retno kerap mengenakan kalung atau anting mutiara barok atau baroque dari Lombok. Mutiara barok sebelumnya dikenal sebagai mutiara yang gagal karena bentuknya yang tidak beraturan, namun kini banyak digemari.

(ketiga dan keempat dari sisi kiri) Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, Retno Marsudi, bersama menteri lainnya dalam suasana pertemuan bilateral dengan Presiden Armenia Armen Sarkissian. Instagram/@jokowi

Pada unggahan Instagram Presiden Jokowi pada 13 Januari 2020, dari kejauhan Retno yang duduk di samping presiden tampak mengenakan atasan putih dengan syal warna abu-abu melingkar di lehernya. Ia juga memakai kacamata dan giwang yang menjadi ciri khasnya.

"Hari kedua kunjungan ke Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, saya menggelar pertemuan bilateral dengan Presiden Armenia Armen Sarkissian yang juga tengah hadir di sana. Indonesia dan Armenia ini memiliki hubungan sejarah yang cukup lama," cuplikan di keterangan foto yang diunggah di Instagram Presiden Jokowi pada 13 Januari 2020.