Khasiat Kolesterol untuk Kulit, Melembapkan dan Bikin Awet Muda

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi kulit cantik. Shutterstock.com

Ilustrasi kulit cantik. Shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Kolesterol dalam makanan sering dianggap sebagai sumber penyakit jantung dan stroke. Padahal, ada juga jenis kolesterol baik yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Jenis ini juga ternyata bisa menjaga kelembapan kulit sehingga terlihat awet muda. 

Itulah sebabnya makanan yang berupa salad, roti bakar, dan telur dadar biasanya disajikan dengan sumber kolesterol baik seperti buah alpukat dan salmon. Seiring dengan pertambahan usia, kulit ikut menua. Produksi kolagen dan pergantian sel melambat dan efeknya terasa pada hidrasi kulit.

Melansir dari laman Well and Good, Jumat, 10 Januari 2020, produksi kolesterol atau lipid kulit juga menurun sehingga kita perlu menambahkannya agar kulit tetap terhidrasi dan kencang. 

Kulit juga memproduksi lipid yang disebut degan  yang diproduksi paling umum ditemukan dalam pelembap utama. Tetapi ketika terdapat kolesterol di dalam makanan dapat berperan besar dalam menjaga kulit tetap terhidrasi dan berfungsi dengan baik.

Ahli bedah plastik bersertifikat Manish Shah, mencatat bahwa kebanyakan orang mulai melihat tanda-tanda penuaan ini terjadi pada usia 30-an dan 40-an. "Kolesterol dalam kulit berkurang seiring bertambahnya usia," kata dia.

Kekeringan dan kekenduran kulit adalah indikator penurunan kolesterol, tetapi Anda dapat menerapkannya secara topikal. Fungsinya akan menstabilkan kulit, melindungi penghalang pelindung, dan mengunci kelembaban untuk hidrasi yang lebih baik.

Meskipun efektif bila digunakan masing-masing "trifecta" lipid dari kolesterol, ceramide, dan asam lemak. Secara bersamaan, ceramide, dan kolesterol membantu melembapkan kulit, menghaluskan lapisan luar kulit, mengoptimalkan pelindung epidermis serta meningkatkan elastisitas.

Karena ceramide dan kolesterol diproduksi oleh tubuh Anda, kulit memiliki waktu yang mudah untuk mengenali mereka ketika Anda menerapkannya secara topikal.

Menurut Manish Shah, menambah persediaan lipid-lipid pada kulit sekaligus menghidrasi dan menumbuhkan sel kulit baru, dan melindunginya dari kondisi kulit kering kronis seperti eksim dan dermatitis. 

EKA WAHYU PRAMITA

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."