8 Tips Kembali Bekerja Usai Cuti Melahirkan, Ikut Kelompok Ibu

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi wanita bekerja di kantor. shutterstock.com

Ilustrasi wanita bekerja di kantor. shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Bagi sebagian ibu baru yang kebetulan juga bekerja, mengasuh anak merupakan hal yang melelahkan. Jadi, ketika menyadari kalau cuti hamilnya telah habis, itu menjadi hal yang menakutkan bagi seorang ibu. Tapi jangan putus asa, berikut adalah beberapa tips yang akan membantu ibu mendapatkan kepercayaan diri untuk kembali ke kantor. 

Kembali bekerja sesungguhnya bukan hal perlu ditakuti. Ibu juga bisa mendapatkan manfaatnya, misalnya bisa pergi keluar dan menjadi profesional seperti dulu. Anak juga tidak perlu dimanjakan lagi oleh Anda sepanjang waktu dan perlahan ia akan mulai menemukan langkah-langkah kemandiriannya.

Tentu saja itu tidak akan mudah. Ibu akan diselimuti rasa bersalah dan khawatir, tetapi ingatlah bahwa banyak wanita telah melakukan ini sebelumnnya. Hal yang perlu dilakukan adalah mengatur waktu dan meminta bantuan.

Berikut beberapa tips bagi ibu yang akan kembali ke dunia kerja setelah cuti melahirkan seperti dikutip dari laman Boldsky

1. Jadi ahli multitasking

Akhirnya muncul harapan baru bagi para ibu yang kembali berkarier setelah cuti hamil. Ibu akan segera berganti menjadi seorang ahli multitasking yang Anda tidak bisa bayangkan karena anak Anda juga akan terus tumbuh dewasa.

2. Keseimbangan 

Ketika seorang ibu kembali bekerja, cobalah untuk menyeimbangkan antara menjadi seorang ibu, seorang istri, dan seorang wanita karier. Anda harus bisa membuat jadwal yang baik.

3. Kelompok ibu

Jika Anda adalah seorang ibu baru yang kembali ke dunia pekerjaan, bertemanlah dengan ibu-ibu lain di lingkungan atau kantor Anda. Luangkan waktu untuk menjalin ikatan dengan para wanita ini karena hal itu bisa menjadi pendukung sisi emosional Anda. Akan lebih baik jika di kantor ada ruang laktasi sehingga Anda bisa bertemu dengan sesama ibu baru. 

4. Tidur lebih awal

Ibu yang kembali menilik di dunia karier harus mulai memperhatikan jam tidur. Sebagian besar ibu akan terbangun di tengah malam untuk memberi makan anak dan paginya akan bekerja sepanjang hari. Jadi, Anda perlu mengatur waktu istirahat yang cukup.

5. Persiapkan segala sesuatunya di malam sebelumnya

Ibu bisa menyiapkan pakaian atau menyiapkan file-file yang diperlukan saat malam harinya, sehingga tidak terburu-buru keesokan paginya.

6. Delegasikan tugas

Wanita bisa melakukan apa yang mereka butuhkan sendiri. Tetapi jika seorang ibu baru yang akan kembali berkecimpung di dunia pekerjaan, sebaiknya mendelegasikan beberapa tugas kepada orang lain. 

7. Percobaan

Suatu keharusan bagi seorang ibu sekaligus wanita karier adalah mereka harus menjalani uji coba dengan pengasuh bayi sebelum ibu tersebut kembali ke kantor. Hal ini juga akan membantu sang anak berkenalan dengannya di hadapan Anda.

Pengasuh akan membantu ibu merawat anak selama ibu tidak di rumah. Jadi, pastikan dia memiliki pengalaman dan mampu melakukannya. 

8. Rencana cadangan

Semua ibu baru yang kembali bekerja harus memiliki rencana cadangan seandainya pengasuh anak tidak datang. Anda dan suami harus siap mengambil cuti atau bisa juga dengan melibatkan anggota keluarga yang lain.

NURUL FARA

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."