4 Tanda Anda Butuh Cuti dari Pekerjaan, Termasuk Jarang Tertawa

Ilustrasi naik gunung/berkemah/liburan/traveling. Shutterstock.com

karir

4 Tanda Anda Butuh Cuti dari Pekerjaan, Termasuk Jarang Tertawa

Minggu, 17 November 2019 18:33 WIB
Reporter : Tempo.co Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Manusia memiliki kecenderungan untuk merasa jenuh dan lelah dengan rutinitas harian. Oleh karena itu, karyawan di suatu perusahaan maupun lembaga memiliki hak untuk cuti yang bisa diisi dengan beragam kegiatan menyenangkan untuk masing-masing pribadi.  Disarankan untuk liburan agar Anda benar-benar rehat dari rutinitas dan menyegarkan pikiran di tempat traveling.

Lalu, apa tandanya Anda sebaiknya mengambil cuti? Salah satunya jarang tertawa saat teman melontarkan lelucon. 

Melansir laman Business Insider, berikut beberapa tanda yang mengisyaratkan Anda untuk segera mengambil cuti dan berlibur.

1. Jarang tertawa

Menurut psikolog di Amerika Serikat, Michael Kerr, salah satu tanda utama orang yang membutuhkan liburan adalah mereka menjadi lebih jarang tertawa. Dulu, saat seorang rekan kerja membuat lelucon yang mungkin tidak terlalu lucu, Anda akan sangat mudah tertawa. Namun, jika sekarang lelucon yang benar-benar lucu saja sangat susah untuk membuat Anda tertawa, itu adalah pertanda untuk mengambil cuti.

2. Sering melakukan kesalahan dalam bekerja

Saat mulai mengerjakan banyak hal dengan tidak benar, itu adalah tanda Anda membutuhkan istirahat, dalam hal ini, konsentrasi dan fokus mulai menurun. Pikiran lelah juga membuat Anda menjadi bingung lebih cepat. Jika demikian, salah satu cara mudah untuk mengembalikan semangat adalah dengan cara berlibur.

3. Kesulitan untuk tidur

Kerr juga mengatakan bahwa seorang pekerja yang merasa sulit tidur pasti mengalami stres karena pekerjaan yang terlalu menumpuk. Atau, ini juga dapat menjadi tanda jika mereka terlalu fokus bekerja. Meski demikian, segala sesuatu yang berlebihan tidak baik, bukan? Jadi, apapun alasannya, kesulitan untuk tidur harus menjadi alasan mengambil waktu berlibur.

4. Sering berandai-andai

Berandai-andai tentang memenangkan sebuah undian bernilai jutaan rupiah atau liburan idaman adalah tanda yang harus secara peka dipahami. Dalam hal ini, tubuh pun telah mengisyaratkan kebutuhan untuk liburan. Oleh karena itu, jangan menundanya. Segera pesan paket berlibur.

SARAH ERVINA DARA SIYAHAILATUA