Glitter dan 4 Tren Makeup Ini Bakal Turun Pamor di 2020

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi perempuan dengan berbagai makeup di hadapannya. shutterstock.com

Ilustrasi perempuan dengan berbagai makeup di hadapannya. shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Industri kecantikan semakin berkembang dalam sepuluh tahun terakhir. Namun banyak tren makeup yang dipopulerkan pada dekade ini akan segera ditinggalkan. Misalnya highlighter pipi yang ekstrim kemungkinan akan segera ditinggalkan oleh banyak pecinta makeup.

Tren lainnya yang mulai ditinggalkan adalah tren alis yang terinspirasi dari unggahan Instagram, serta produk bibir yang super matte. Melansir laman Beauty Insider, berikut ini lima tren rias selama sepuluh tahun terakhir yang akan ditinggalkan pada tahun baru 2020. 

1. Highlighter pipi

Dalam unggahan di Instagram atau video di Youtube, sudah sangat umum melihat beauty influencer menggunakan highlighter untuk membuat tulang bibi dan hidung mereka berkilau. Namun tren yang dimulai sejak 2016 ini akan segera menghilang.

Tren ini beriringan dengan tampilan makeup matte yang juga akan segera ditinggalkan, karena tampilan kulit lembap yang sehat akan lebih digemari.

2. Glitter

Pada sepuluh tahun terakhir tata rias dengan kilauan glitter banyak bermunculan, mulai dari masker wajah, lipstik, eyeliner, hingga bedak tabur. Namun tren makeup berkilauan ini juga akan ditinggalkan.

Penelitian menunjukkan bahwa glitter tidak hanya berbahaya untuk kulit, namun juga menjadi ancaman untuk lingkungan. Glitter yang terbuat dari plastik mikro dapat terserap ke sistem saluran air, sehingga tidak hanya merusak lingkungan hidup namun juga mencemari air yang dikonsumsi manusia.

3. Alis "on-fleek"

Sekitar tahun 2014 alis yang "on fleek" menjadi sangat populer di kalangan pencinta makeup. Hal ini menginspirasi banyak produsen makeup menciptakan eyebrow gel dan makeup alis dengan efek gradasi yang menciptakan bentuk alis super rapi, namun tetap natural.

Para ahli tata rias profesional menilai tren ini akan segera berakhir mengingat bentuk alis "on fleek" ini tampak sangat palsu dan membutuhkan perawatan ekstra. Para ahli tata rias percaya bahwa bentuk alis yang alami akan kembali digemari.

4. Lipstik metalik

Konsumen produk makeup kini lebih banyak mencari produk yang natural dan aman bagi lingkungan. Tren ini turut mempengaruhi pola tata rias natural yang menunjukkan seolah-olah tidak mengenakan tata rias apapun.

Oleh sebab itu warna lipstik metalik tidak akan lagi digunakan, mengingat warna metalik tersebut terlalu berani dan tidak cocok untuk dikenakan dengan tata rias natural.

5. Lipstik super matte

Dengan mempertimbangkan peningkatan monumental lipstik cair pada tahun 2016, akan dibutuhkan perubahan besar dalam industri kecantikan bagi orang-orang untuk melepaskan nuansa matte sepenuhnya.

Sebagai gantinya, ada kemungkinan bahwa penata rias akan mulai menukar lipstik matte mereka untuk produk yang menampilkan nuansa lembap. Tampilan bibir natural dan sehat akan lebih digemari pada 2020.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."