Jelang Natal, Coba Resep Kue Cinnamon Stars ala Kerajaan Inggris

Kue Natal ala Kerajaan Inggris. Instagram/@theroyalfamily

kuliner

Jelang Natal, Coba Resep Kue Cinnamon Stars ala Kerajaan Inggris

Minggu, 22 Desember 2019 12:00 WIB
Reporter : Tempo.co Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Mau merayakan Natal seperti bangsawan yang sebenarnya? Sementara beberapa tradisi Natal keluarga kerajaan Inggris tidak terjangkau oleh rakyat biasa. Namun Anda bisa merayakannya dengan mencontoh resep kue favorit mereka, misalnya.

Keluarga kerajaan membagikan video tutorial membuat kue Cinnamon Stars favorit mereka untuk penggemarnya di Instagram, Sabtu 14 Desember 2019. "Para koki pastry Royal senang membagikan resep mereka untuk 'Cinnamon Stars' denganmu untuk dinikmati selama Natal. #ARoyalChristmas," keterangan pihak istana.

Tanggapan penggemar terhadap video resep luar biasa — dan keluarga kerajaan menanggapi pertanyaan paling populer: Berapa lama kue kering aman disimpan? "Kepada semua pengikut kami yang telah bertanya, Cinnamon Stars akan tetap berada dalam wadah kedap udara hingga dua bulan. Selamat menikmati!" balasannya.

Melansir laman Marie Claire inilah resep lengkap kue kering Cinnamon Stars seperti yang tertuang di situs resmi Keluarga Kerajaan.

Bahan-bahan:- 360 gram gula halus- 85 gram putih telur- 20 gram jus lemon- 300 gram bubuk almond- 115 gram mixed peel - ½ Lemon, parut kulitnya- 12 gram bubuk cengkeh- ¼ sdt bubuk cengkeh

Cara pembuatan:

1. Haluskan mixed peel menjadi tekstur seperti pasta, sisihkan.

2. Kocok gula halus, putih telur dengan jus lemon sampai lembut menjadi meringue. Ambil 1/3 bagian dan sisihkan. 

3. Tambahkan semua bahan yang tersisa ke dalam adonan sisa. 

4. Uleni adonan tangan Anda dan letakkan di atas nampan kertas roti. Lalu tempatkan selembar kertas roti di bagian atas, gulung hingga sekitar 1 cm.

5. Keluarkan kertas dari atas dan olesi dengan sisa adonan meringue di atas adonan. Jaga agar sehalus mungkin.

6. Simpan adonan di lemari es selama minimal satu jam.

7. Keluarkan adonan dari lemari es dan mulailah memotongnya menjadi bentuk-bentuk dengan pisau atau pemotong. Jadilah kreatif dengan bentuk bintang , hati atau bulan. Untuk menggunakan pemotong kayu manis bintang atau pemotong bundar, semangkuk air panas diperlukan. Celupkan pemotong ke dalam air terlebih dahulu dan di antara memotong bentuk. Ini membantu melepaskan kue dengan mudah dari pemotong.

8. Panggang dalam oven 160 derajat celcius selama 12-15 menit. Yang terbaik adalah memanggang dengan panas bagian bawah saja sehingga bagian atasnya tetap putih dan tidak berubah warna. Anda pun dapat mengangkat dengan lembut, pusatnya harus tetap lembut dan lengket.

9. Biarkan dingin selama sekitar 30 menit sebelum mengeluarkan kue dari baki.

10. Simpan dalam wadah kedap udara dan tahan hingga dua bulan.

Selamat Menikmati!

YUNIA PRATIWI