Ganti Gaya Ruang Makan dengan 8 Inspirasi Taplak Meja

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi meja makan dengan taplak meja. Unsplash.com/Libby Penner

Ilustrasi meja makan dengan taplak meja. Unsplash.com/Libby Penner

IKLAN

CANTIKA.COM, JakartaRuang makan salah satu ruang yang cukup penting di rumah. Ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk mempercantik tampilannya. Tak perlu  renovasi atau perombakan besar-besaran terhadap ruang makan, tapi cukup dengan taplak meja.

Mungkin jarang terbesit dalam perkiraan Anda, bahwa taplak meja makan dapat memiliki dampak signifikan untuk menghidupkan suasana ruang makan. Penggunaan taplak meja makan memberikan dua manfaat sekaligus, yaitu mempercantik tampilannya serta melindungi meja dari debu, kotoran, serta remah-remah makanan.

Berikut ini adalah beberapa inspirasi penggunaan taplak meja makan untuk memberikan tampilan baru pada ruang makan keluarga Anda.

1. Taplak Meja Makan Bertekstur

Taplak meja tidak selamanya memiliki tekstur polos. Ubah tampilan ruang makan Anda dalam seketika dengan menggunakan taplak meja bertekstur seperti ini. Pilih kain bertekstur dengan warna-warna cerah untuk kesan yang lebih ceria.

2. Bermain dengan Warna dan Pola

Siasati kekurangan dekorasi di ruang makan dengan menggunakan taplak meja penuh warna dan pola yang menyala. Pergunakan cara ini untuk menjadikan meja makan sebagai focal point dalam ruang makan.

3. Tie a Bow

Gunakan dua lapis taplak meja, kemudian ikat lapisan yang atas menggunakan pita. Menyulap ruang makan Anda seketika menjadi cantik dan berkesan elegan. Perpaduan warna putih dengan warna pink sebagai warna dasar terlihat menawan dan romantis. Anda bisa menggunakan kombinasi warna yang lain untuk mendapatkan hasil berbeda. Sesuaikan dengan selera Anda, misalnya putih dan emas untuk kesan glamor.

4. Table Runner sebagai Alternatif

Penggunaan taplak meja makan yang menutupi seluruh permukaan meja terbilang kurang cocok untuk sebuah meja dengan desain yang cantik. Bila Anda ingin menonjolkan keindahan meja namun tetap ingin menggunakan taplak, coba pilihlah table runner sebagai alternatif. Ukuran table runner jauh lebih kecil, ramping, serta tidak menutupi seluruh permukaan.  Penempatan table runner seperti ini juga berfungsi sebagai pembatas untuk penempatan piring makan.

5. Taplak dari Bahan Lace

Bahan lace termasuk bahan paling populer untuk dijadikan sebagai taplak meja makan. Selain warna putih, material yang satu ini tersedia dalam berbagai warna lain seperti pink, krem, ungu, bahkan hitam. Taplak dari bahan lace bisa dijadikan sebagai taplak utama. Ataupun bisa juga dikombinasikan memakai underlay dengan warna kontras untuk lebih menonjolkan keindahannya.

6. Taplak Meja Makan Gaya Vintage

Gaya vintage memang tidak ada matinya. Gaya ini bisa diterapkan pada semua aspek dekorasi di luar maupun di dalam ruangan, termasuk di antaranya untuk meja makan. Para pecinta vintage pasti akan menyukai taplak meja yang satu ini. Gaya vintage yang ditonjolkan memberikan kesan hangat dan akrab.

7. Taplak Makan dengan Gaya Bohemian

Mengapa tidak menggunakan taplak dengan gaya atau tema tertentu? Taplak meja makan ini didesain dengan gaya bohemian yang terlihat fun.Taplak dengan gaya seperti ini bisa dijadikan sebagai focal point dalam ruangan. Kombinasikan dengan peralatan makan dengan warna senada untuk hasil yang maksimal.

8. Set Taplak Meja dan Sarung Kursi

Untuk memberikan tampilan yang benar-benar serasi, Anda bisa menghadirkan satu set taplak meja lengkap dengan sarung kursinya. Pilihan lain adalah menggunakan taplak meja dengan desain, motif, atau pola yang serupa dengan aspek dekorasi lain dalam ruang makan. Misalnya saja, gorden atau mungkin wallpaper.

ARSITAG

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."