Cari Desain Ruang Makan Minimalis Modern Simak 6 Inspirasinya

ragam

Cari Desain Ruang Makan Minimalis Modern Simak 6 Inspirasinya

Selasa, 9 Juli 2019 16:30 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Yunia Pratiwi

CANTIKA.COM, Jakarta - Desain ruang makan minimalis modern kerap diadopsi untuk menyiasati ruang makan yang mungil. Ruang makan dengan desain interior minimalis modern mampu membuat ruangan terlihat rapi, bersih, dan cantik serta hanya membutuhkan sedikit dekorasi. Namun merancang ruang makan yang minimalis modern bukanlah perkara mudah.

Baca juga: Kata Feng Shui, Ruang Makan adalah Jantung Rumah. Cek Maksudnya

Pemilihan dan penempatan furnitur, serta pemilihan berbagai pernak-pernik wajib dipertimbangkan dengan matang. Pada akhirnya, desain interior ruang makan yang minimalis modern juga harus mampu membuat nyaman penghuninya. Namun, untuk mengurangi kebingungan Anda apabila ingin menciptakan ruang makan minimalis modern, yuk simak beberapa tips yang telah dirangkum Arsitag berikut ini.

#1. Dekorasi Karpet dan Lampu GantungRuang makan minimalis modern pada desain Taman Palem, karya: La.casa. Arsitag.com

Tak masalah jika memang tak ada ruangan khusus yang bisa digunakan sebagai ruang makan. Ruang makan minimalis modern bisa diciptakan dengan mengambil bagian dari ruang lainnya, misalnya dari salah satu sudut dapur atau ruang keluarga. Lantas, buatlah garis tegas untuk memperjelas ruangan tersebut sebagai ruang makan. Pada inspirasi ini, garis tegas dibuat dengan menambahkan dekorasi berupa karpet di bawah meja makan dan juga dengan menambahkan lampu gantung.

#2. Furnitur MinimalisFurnitur minimalis untuk ruang makan minimalis modern (Sumber: architizer.com)

Untuk mendapatkan ruang makan minimalis modern, furnitur memang menjadi objek penting untuk diperhatikan. Sebaiknya pilihlah furnitur dengan ukuran yang sesuai dengan ukuran ruang makan. Selain itu, pertimbangkan pula untuk menggunakan furnitur ringan atau furnitur yang tidak berat secara visual seperti pada inspirasi ini. Pada ruang makan bergaya minimalis modern ini, pemilihan kursi-kursi berwarna hitam dengan desain yang ringan memberi kesan minimalis modern yang kental. Sertakan lukisan di dinding dan lampu gantung membuat ruang makan terlihat semakin manis.

#3. Ruang Makan Minimalis Modern dengan Material KayuRuang makan minimalis modern pada desain Rumah Camar, karya: Ruang Komunal (Sumber: Arsitag.com)

Desain interior minimalis modern terkadang identik dengan kesan tegas dan dingin. Karena itu, memilih material kayu menjadi langkah cerdas untuk menghadirkan desain interior ruang makan yang minimalis modern, tetapi berkesan hangat. Sentuhan dekorasi berupa pot tanaman di atas meja makan semakin memperkuat kesan hangat yang ingin ditampilkan. Dengan kombinasi tersebut ruang makan pasti terasa nyaman dan hangat, bukan?

#4. Kursi dan Meja Makan Serba PutihRuang makan minimalis modern pada desain Rumah Camar, karya: Ruang Komunal (Sumber: Arsitag.com)  

Pada inspirasi ini, warna putih menjadi warna yang mendominasi ruangan makan. Di beberapa bagian ruangan, warna dan tekstur kayu menjadi paduannya. Dengan kombinasi yang sama, ruang makan minimalis modern diciptakan di salah satu bagian dapur yang kosong. Pilihan furnitur yang ringan berupa kursi dan meja makan serba putih menjadikan ruang makan ini melebur dengan ruangan-ruangan lainnya. Kombinasi warna kayu pada kaki kursi dan meja makan semakin mempertegas kesatuan desain interior ruang makan ini dengan desain interior bagian-bagian rumah lainnya.

#5. Ruang Makan Minimalis Modern dan PianoRuang makan minimalis modern pada desain 9B Residence, karya: Sontani Partners (Sumber: Arsitag.com)

Piano menjadi aksen yang tak biasa ada di dekat ruang makan. Namun begitu melihat tata letak pada inspirasi ini, seketika terbayang suasana makan yang hangat ditemani alunan piano yang merdu. Sangat manis, bukan? Penempatan piano di dekat ruang makan menjadi salah satu cara untuk menyiasati ruangan yang mungil. Pemasangan dua lampu gantung di atas meja menjadi dekorasi sekaligus sebagai penegasan tujuan ruangan sebagai ruang makan. Susunan kursi-kursi makan dan desain furnitur yang simpel semakin mempertegas kesan minimalis modern yang hendak ditampilkan.

#6. Ruang Makan dan Tekstur KayuRuang makan minimalis modern dengan sentuhan tekstur kayu (Sumber: architizer.com)

Kesan bersih dan rapi tergambar jelas pada desain interior ruang makan minimalis modern ini. Kesan bersih dan rapi tak lain didapatkan dari kombinasi tekstur kayu dan warna putih yang mendominasi ruang makan yang berdekatan dengan dapur. Dekorasi berupa lampu gantung berbentuk limas memberi sentuhan kecil yang manis. Sedangkan, dekorasi berupa tanaman dalam pot membuat suasana lebih hidup.

Ada kesamaan dari beberapa contoh desain ruang makan minimalis modern di atas. Desain-desain simpel tersebut menegaskan bahwa kesederhanaan yang ditata dengan tepat bisa membawa keindahan tersendiri untuk hunian kita.

ARSITAG