7 Inspirasi Mendesain Ruang Makan yang Nyaman

Reporter: Tempo.co
Editor: Silvy Riana Putri
Rabu, 11 September 2019 13:00 WIB
7 Inspirasi Mendesain Ruang Makan yang Nyaman

CANTIKA.COM, Jakarta - Ruang makan tidak hanya area untuk menyantap makanan, tapi juga tempat berkumpul dan mengobrol bersama keluarga. Waktu berkumpul di ruang makan kerap menjadi saat yang berharga untuk bertatap muka dan berbagi cerita. Terutama bagi anggota keluarga yang memiliki kesibukan tinggi, bertemu di ruang makan menjadi kesempatan yang amat istimewa.

Berangkat dari hal itu, makan penting untuk memperhatikan desain ruang makan yang nyaman. Anda perlu menciptakan ruang makan impian yang penuh kehangatan bagi seluruh anggota keluarga. Untuk menyiasati desain ruang makan agar penuh kehangatan untuk keluarga simak beberapa inspirasinya berikut ini. 

1. Ruang Makan Impian dengan Cahaya Matahari yang Melimpah

Ruang makan yang hangat di tengah dapur di Taman Cilandak House, karya Adria Yurike Architects (Sumber: Arsitag.com)

Jika hunian Anda mempunyai keterbatasan lahan sehingga tak memungkinkan untuk menciptakan ruang makan sendiri, tak ada salahnya menggabungkan ruang makan dan dapur. Seperti pada inspirasi karya Adria Yurike Architects ini, sebuah meja makan ditempatkan di tengah dapur. Untuk menghadirkan kehangatan, usahakan agar cahaya matahari bisa masuk secara optimal. Jendela berukuran besar memungkinkan masuknya cahaya matahari melimpah dan menciptakan kesan hangat di ruang makan keluarga Anda.

2. Foto Keluarga di Dinding Ruang Makan

Deretan foto keluarga di ruang makan (Sumber: Chris.youthsparkchallenge.com)

Foto keluarga tak harus dipasang di ruang keluarga. Anda juga bisa memasangnya di dinding ruang makan. Selain memperindah tampilan ruang makan, foto-foto kenangan akan semakin menghangatkan suasana. Pembicaraan seputar momen keluarga dapat menjadi topik yang menyenangkan ketika bersantap bersama seluruh anggota keluarga. Anda bisa memilih bingkai foto yang memiliki warna senada dengan nuansa ruang makan.

3. Wallpaper untuk Dinding Ruang Makan

Wallpaper menghangatkan suasana ruang makan (Sumber: Bhg.com)

Dinding dapat berperan penting dalam menciptakan ruang makan impian yang penuh kehangatan. Jika selama ini dinding ruang makan Anda berwarna putih, coba saja ganti dengan wallpaper bermotif dan berwarna cerah. Anda akan mendapati ruang makan menjadi lebih bergairah. Selain itu, Anda juga bisa mengecat dinding dengan warna cat yang ceria, seperti warna kuning lemon, pink, atau orange muda.

4. Karpet Warna Bermotif

Ruang makan dengan karpet bermotif dan berwarna cerah (Sumber: Overstock.com)

Upaya berikutnya agar ruang makan menjadi lebih hangat adalah memasang karpet di bawah meja makan. Agar ruang makan tampil beda, Anda bisa memilih karpet berwarna dan bermotif cerah. Dalam sekejap, warna dan motif karpet ini akan menyulap ruang makan Anda menjadi lebih hidup. Selain itu, motifnya dapat mengalihkan perhatian dari lantai, meja, atau kursi makan yang mungkin sudah sedikit kusam. Gunakan karpet berukuran besar yang cukup menampung semua kaki-kaki kursi dan meja makan. Untuk menciptakan ilusi ruangan terasa lebih luas.

5. Lampu-lampu dengan Cahaya yang Hangat

Lampu dengan cahaya kuning keemasan yang hangat di ruang makan karya Dezan Studio (Sumber: Arsitag.com)

Selain memanfaatkan pencahayaan alami dari matahari, perhatikan pula pencahayaan ruang makan di waktu malam hari. Untuk membangkitkan suasana hangat, sebaiknya pilih lampu-lampu dengan cahaya berwarna kuning keemasan seperti pada inspirasi ruang makan karya Dezan Studio ini. Anda bisa memasang beberapa lampu gantung di atas meja makan serta cove lighting di langit-langit. Lampu temaram akan menambah efek hangat dan kesan elegan di ruang makan.

6. Sofa Empuk dan Nyaman

Ruang makan dengan sofa yang empuk di Bangka House, karya Adria Yurike Architects (Sumber: Arsitag.com)

Tak harus menggunakan kursi makan yang formal, ruang makan Anda bisa disulap menjadi ruang makan impian yang hangat hanya dengan menambahkan sofa empuk dan nyaman. Keberadaan sofa ini akan menghadirkan kesan santai. Membangun keakraban antaranggota keluarga saat berkumpul di ruang makan. Kesan formal dan dingin serta merta sirna dengan adanya sofa empuk ini. Tertarik mencoba?

7. Tirai Kuning dan Tanaman

Pilihan warna kuning untuk tirai jendela dan tanaman hias di ruang makan (Sumber: Idealhome.co.uk)

Pilihan warna memang berperan penting untuk menciptakan ruang makan yang hangat bagi seluruh anggota keluarga. Warna kuning adalah pilihan warna yang bisa diandalkan untuk membangun kesan hangat. Anda bisa memilih tirai polos ataupun bermotif. Lalu, tambahkan pula satu atau dua pot tanaman hias untuk menyempurnakan ruang makan impian yang hangat. 

Terbukti, Anda tidak memerlukan banyak perombakan apabila ingin menciptakan suasana ruang makan yang lebih hangat. Selain itu, elemen kayu juga dipercaya ampuh untuk membangkitkan kesan hangat pada ruangan. Anda bisa memajang koleksi karya seni berbahan kayu, ataupun menggunakan furnitur dan peralatan makan dari kayu. Pastikan rumah Anda memiliki kelembapan yang baik untuk memasang material berbahan kayu.    

ARSITAG