Kiat Mengatasi Garis-garis Samar di Kulit Leher

Ilustrasi perempuan dengan kulit sehat. (Unsplash/William Randles)

kecantikan

Kiat Mengatasi Garis-garis Samar di Kulit Leher

Minggu, 8 Desember 2019 16:20 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Mila Novita

CANTIKA.COM, Jakarta - Sama seperti keriput, garis-garis samar di kulit leher muncul seiring dengan pertambahan usia. Namun, garis-garis ini juga bisa muncul sebelum waktunya karena faktor tertentu seperti genetika, paparan sinar ultraviolet, atau merokok. 

Leher sering kali menjadi bagian tubuh yang sering dilupakan dalam perawatan, misalnya ketika mengoleskan tabir surya. Akibatnya, leher terpapar radiasi sinar ultraviolet yang menyebabkan penuaan dini. Cara menggunakan telepon juga bisa berkontribusi menyebabkan munculnya garis-haris samar tersebut.

Dilansir dari Indian Express, berikut empat kiat yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi garis-garis samar di leher.

1. Gunakan ponsel dengan tepat

Kebayakan orang menggunakan ponsel dengan cara menunduk secara terus-menerus. Postur yang tidak sehat ini menyebabkan kulit leher berkerut. Jadi, usahakan layar gawai atau komputer sejajar dengan mata agar Anda tak perlu menunduk.

2. Pakai tabir surya

Jangan pernah keluar rumah tanpa menggunakan tabir surya secara menyeluruh pada wajah dan leher Anda. Penelitian telah menunjukkan bahwa penggunaan tabir surya secara teratur dapat memperlambat penuaan, dan tidak menggunakannya dapat mempercepat proses dan menyebabkan keriput dini.

3. Oleskan pelembap di leher

Seperti tabir surya, banyak orang yang lupa mengoleskan pelembap di leher.  Jadi, setiap kali selesai mandi, terutama ketika suhu udara dingin, jangan lupa menggunakan pelembap di leher. Ada beberapa pelembap yang dirancang khusus untuk memperlambat penuaan. Jangan lupa minum air yang cukup agar kulit tetap terhidrasi agar kulit tetap sehat.  

4. Gunakan masker leher

Sama seperti masker lembar yang dirancang untuk wajah, ada masker yang dirancang khusus leher yang tujuannya mengurangi kerut dan garis-garis samar. Penggunaan secara teratur dapat memperbaiki penampilan dan tekstur kulit.