3 Kesalahan Umum saat Beraktivitas di Kamar Mandi

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Desain lampu kamar mandi bentuk cone di Hotel Unit karya Rinto Katili (Sumber: arsitag.com)

Desain lampu kamar mandi bentuk cone di Hotel Unit karya Rinto Katili (Sumber: arsitag.com)

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Kamar mandi merupakan salah satu ruangan yang pasti kita sambangi saat di rumah, selain kamar tidur. Ketika mandi, mencuci kaki, atau buang air, tentu Anda akan menggunakan kamar mandi.

Meski demikian, masih banyak kesalahan yang sering dilakukan orang dalam menggunakan toilet. Padahal kesalahan tersebut bisa merugikan diri sendiri bahkan orang lain. Misalnya berbagai penyakit yang bisa menyerang seperti diare hingga penyakit kulit.

Agar tidak salah langkah, dokter mikrobiologi klinis, Wani Gunardi membagikan beberapa kesalahan yang wajib dihindari. Apa saja itu?

1. Lupa mencuci tangan setelah keluar dari kamar mandi

Banyak orang berpikir bahwa ia tidak menyentuh hal yang kotor saat sedang membilas bekas buang air. Sehingga, mereka pun enggan membersihkan tangan usai menggunakan kamar mandi. Padahal hal ini tidak benar karena kuman dan bakteri tidak kasat mata dan bisa muncul di mana saja.

“Anda mungkin membersihkan pakai tisu, tapi kalau sedang flush dan buka pintu kamar mandi, di daun pintu pasti banyak bakteri. Jadi mencuci tangan tetap perlu dilakukan dalam keadaan apapun, termasuk keluar kamar mandi,” kata ia di Jakarta pada Senin, 18 November 2019.

2. Membiarkan kamar mandi dalam keadaan basah

Kamar mandi yang basah dan lembap bisa meningkatkan perkembangbiakan kuman dan bakteri di dalam sana. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk tidak membiarkan kamar mandi dalam keadaan basah setelah digunakan.

Sebaiknya, selalu lap kamar mandi hingga kering untuk meminimalkan bakteri dan virus. “Supaya tidak lupa, lapnya diletakkan di dekat jangkauan. Jadi, setelah mandi bisa langsung dikeringkan,” ungkap Wani Gunardi.

 
3. Menggunakan lap atau pel yang sama untuk membersihkan kamar mandi dan tempat lainnya
 
Tak sedikit orang yang menggunakan satu lap atau pel untuk membersihkan seluruh ruangan, termasuk kamar mandi. Padahal, kamar mandi adalah tempat yang lembap dan paling digemari oleh kuman dan bakteri untuk tinggal. Dengan menggunakan satu lap atau pel yang sama saat membersihkan toilet dan ruangan lain, sama saja Anda membawa bakteri ke tempat yang lebih luas.
“Supaya Anda tidak memindahkan kotoran dari toilet ke luar, harus ada satu lap atau pel khusus untuk toilet dan ruangan lain di rumah,” tandas ia
 
 
SARAH ERVINA DARA SIYAHAILATUA
Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."