Ragam Busana Puteri Indonesia 2019 untuk Ajang Miss Universe 2019

Puteri Indonesia 2019 Frederika Alexis Cull mengenakan kostum nasional yang akan dibawakan pada ajang Miss Universe 2019, di Jakarta, Selasa, 19 November 2019. Kostum ini terinspirasi dari tokoh Srikandi. Instagram/@Federikacull

kecantikan

Ragam Busana Puteri Indonesia 2019 untuk Ajang Miss Universe 2019

Rabu, 20 November 2019 10:10 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Frederika Alexis Cull Puteri Indonesia 2019 akan mewakili Indonesia di ajang Miss Universe 2019. Mengutip laman resminya, malam grand final Miss Universe 2019 akan digelar pada 8 Desember 2019 di Atlanta, Georgia, Amerika Serikat. Namun, sejak 28 November 2019 sebanyak 86 finalis dari mancanegara sudah masuk masa karantina.

Sejumlah persiapan sudah dilakukan oleh Frederika Alexis Cull. Mengulik akun Instagram @frederikacull, ia terlihat menjalani sejumlah pemotretan, aktif menjadi pembicara untuk melatih kemampuan public speaking hingga aktif di kegiatan sosial.

Dari beragam kegiatan di atas, persiapan kostum ataupun busana yang akan dikenakan alumnus bisnis internasional ini juga tak kalah penting. Untuk National Costume atau kostum nasional, Frederika memakai kostum bertema Sang Wanita. Menilik akun Instagram @officialputeriindonesia, dikisahkan kostum tersebut terinspirasi dari tokoh pewayangan wanita, Srikandi.

Puteri Indonesia 2019 Frederika Alexis Cull mengenakan kostum nasional yang akan dibawakan pada ajang Miss Universe 2019, di Jakarta, Selasa, 19 November 2019. Miss Universe 2019 digelar di Atlanta, pada 28 November - 8 Desember 2019. ANTARA/Aprillio Akbar

Kostum warna coklat keemasan ini merupakan rancangan Mayaratih Couture dan aksesori oleh Morphacio. Frederika juga terlihat membawa busur dan panah yang menjadi ikon dari tokoh Srikandi.  Di dalam keterangan foto tertulis, “Ini bukanlah cerita tentang legenda Srikandi, tapi ini adalah warisan Srikandi. Warisan nilai-nilai luhur seorang wanita. Tentang perjuangan, cinta, dan harapan. “Wanita Sejati Nusantara”…”

Selain kostum rancangan Mayaratih Couture, Frederika juga akan mengenakan sejumlah gaun yang didesain oleh Priyo Oktaviano, Tex Saverio hingga Hian Tjen.

Puteri Indonesia 2019 Frederika Alexis Cull mengenakan busana rancangan desainer Priyo Oktaviano berpose dalam sesi konferensi pers di Jakarta, Selasa, 19 November 2019. Yayasan Puteri Indonesia dan Mustika Ratu kembali mengirimkan perwakilan Indonesia dalam ajang Miss Universe 2019. ANTARA/Aprillio Akbar

Untuk desain gaun one shoulder Priyo Oktaviano, di unggahan foto dijelaskan Priyo Oktaviano mengeluarkan koleksi khusus untuk Cita Tenun Indonesia dengan tema "Bali of Arc" Yang menggunakan tenun Bali dari Kelungkung, Bali.

Pilihan aksentuasi ragam warna dalam kain tenun Bali menjadi interpretasi Priyo atas gambaran kekayaan bumi Indonesia di dalam sastra pedalangan Jawa, "Loh Jinawi" yang berarti "kaya tak kurang sandang dan pangan dan dipenuhi intan berlian".

Puteri Indonesia 2019 Frederika Alexis Cull mengenakan gaun pesta tanpa lengan bermotif rancangan Hian Tjen untuk ajang Miss Universe 2019. Instagram.com/@officialputeriindonesia

Sementara itu, gaun off shoulder atau tanpa lengan karya Hian Tjen diambil dari koleksinya yang berjudul Perfect10N. Motif pada gaun ini terinspirasi dari pola abad ke-18 yang telah Digambar dan dicetak ulang. Gaun tanpa lengan ini memiliki efek dramatis lewat potongan bawah gaun mengembang dan besar.

Gaun sequin berkilau yang didesain Tex Saverio tak kalah bermakna dibandingkan gaun lainnya. Dijelaskan gaun bertema Dualism ini terinspirasi dari keunikan karakter gadis 19 tahun ini. Menurut Tex Saverio, Frederika adalah wanita kuat yang tahu apa yang diinginkan dan pekerja keras, namun menghargai keindahan nilai-nilai tradisional Indonesia.

Puteri Indonesia 2019 Frederika Alexis Cull mengenakan gaun malam sequin rancangan Tex Saverio untuk ajang Miss Universe 2019. Instagram.com/@officialputeriindonesia

Di bagian lengan gaun terdapat bulu-bulu dengan potongan V neck yang rendah. Riasan Frederika terlihat flawless dan shiny berkat tangan dingin makeup artist Bubah Alfian. Di penampilan gaun lainnya, Bubah juga yang menangani riasannya dengan koleksi makeup Beauty Queen Series dari Mustika Ratu. Sementara penata gaya di beberapa gaun tersemat akun Instragam milik Reva Marcheliin.