Mengulik Sosok Claudia Santoso Juara The Voice Germany 2019

Claudia Emmanuela Santoso juaraThe Voice Germany musim kesembilan. Instagram/@claudia.emmanuela_s

ragam

Mengulik Sosok Claudia Santoso Juara The Voice Germany 2019

Senin, 11 November 2019 17:15 WIB
Reporter : Tempo.co Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Nama Indonesia kembali harum di kancah internasional berkat prestasi penyanyi muda berbakat. Bukan dari kisah Agnez Mo sebagai selebriti Indonesia pertama yang dibuatkan patung lilin di Museum Madam Tussauds Singapura, namun dari sosok Claudia Emmanuela Santoso sebagai juara kompetisi menyanyi The Voice di Jerman. "Selamat Claudia telah memenangkan The Voice Germany musim kesembilan," tulis akun Instagram resmi The Voice Germany, Senin, 11 November 2019.

Dalam grand final yang diselenggarakan pada Minggu malam, 10 November 2019, perempuan yang kerap disapa Claudia Santoso berhasil menyingkirkan para pesaingnya, yaitu Erwin Kintop, Lucas Rieger, Fidi Steinback, dan Freschta Akbarzada. Ia membawakan lagu I Have Nothing yang dipopulerkan oleh Whitney Houston.

Claudia mendapatkan nilai tertinggi dibandingkan peserta lainnya. Ketika mulai menyanyikan lagu, para juri terkesima dengan suaranya. Claudia Emmanuela Santoso berhasil mendapatkan suara sebanyak 46,39 persen.

Gadis asal Cirebon, Claudia Emmanuela Santoso berhasil menjadi juara dalam ajang pencarian bakat The Voice of Germany. Pada malam final Claudia membawakan lagu "I Have Nothing' yang dipopulerkan oleh Whitney Houston. Youtube/@The Voice of Germany - Offiziell

Sejak 2018 Claudia berada di Jerman untuk kuliah. Ia mengikuti Studienkolleg, sebuah institusi pendidikan di Jerman yang mempersiapkan murid asing untuk penyetaraan ijazah. Setelah lulus Studienkolleg, Claudia Santoso melanjutkan studi di Universitas Ludwig Maximilian München dengan mengambil jurusan Publizistik und Kommunikation.

Perempuan lulusan SMAK Penabur Cirebon ini pernah bercerita sudah tertarik dengan acara The Voice of Germany sejak masih berada di Indonesia. Bersama sepupunya, Claudia menonton acara tersebut dalam perjalanan kembali ke Cirebon semasa mengikuti les di Goethe Institut di Bandung, Jawa Barat.

"Jadi kayak, ah nanti mau ikut The Voice di Jerman," kata ia. Setelah berada di Jerman, Claudia Santoso membaca iklan audisi The Voice dan mendaftar. Penampilan Claudia di malam puncak The Voice Jerman berhasil memukau keempat juri sampai mendapatkan standing ovation. Salah seorang juri, Alice Merton sampai meneteskan air mata.

"Perasaanku campur aduk. Senang pastinya, bangga, enggak menyangka dan terharu juga," tutur Claudia Santoso setelah diumumkan menjadi pemenang The Voice Jerman.

CHITRA PARAMAESTI | DW