5 Cara Redakan Stres saat di Kantor, Jangan Sohib dengan Bos

Ilustrasi rekan kerja ceriwis. Shutterstock

karir

5 Cara Redakan Stres saat di Kantor, Jangan Sohib dengan Bos

Kamis, 7 November 2019 11:25 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Tekanan dan stres kerap menghampiri suasana bekerja di kantor. Sebab ada selalu tenggat waktu kerja, kompetisi sesama karyawan hingga beban kerja yang tak sedikit pula. Tak perlu khawatir, tidak hanya Anda sebagai karyawan yang menghadapi stres, para bos dan pebisnis juga mengalami stres. Tentunya, beda jenis topik stres mereka.

Kali ini, kita membahas cara meredakan stres yang dialami oleh karyawan. Tak perlu muluk-muluk menjanjikan menghilangkan stres, sebab itu salah satu yang tak bisa dihindari oleh makhluk yang berpikir. Jadi, sama-sama kita coba terapkan cara menghalaunya agar stres tidak begitu menekan.

Berikut beberapa cara redakan stres yang dikutip dari laman Times of India

1. Memiliki perencanaan

Sebelum memulai pekerjaan Anda, ada baiknya Anda membuat perencanaan. Dengan perencanaan, Anda bisa bekerja dengan efektif, sehingga tidak terlena dengan hal-hal kontra produktif. Saat ada penambahan tugas secara mendadak, Anda bisa membayangkan dan mengatur mana yang lebih dulu dikerjakan. Bila tidak ada penambahan pekerjaan di hari itu, bisa jadi Anda bisa bersantai di antara tugas.

2. Manajemen waktu

Terdengar klise tapi ini nyatanya, salah satu penyebab stres karyawan dari pekerjaan yang tertunda dan berlebihan. Mengelola waktu Anda adalah cara terbaik untuk menghindarinya. Buat prioritas dan selesaikan pekerjaan sesuai dengan tenggat waktu.

Cobalah untuk tidak membawa pekerjaan ke rumah, karena itu hanya akan mengganggu kesehatan mental Anda sekaligus kenyamanan keluarga. Dedikasikan waktu Anda di kantor untuk bekerja secara optimal.

3. Tidak terlalu sohib dengan rekan kerja atau bos

Rekan kerja atau bos bisa menjadi media kebahagiaan atau pemicu stres di kantor. Layaknya dua mata pisau, jika Anda menjadi terlalu nyaman, Anda mungkin merasa berkewajiban untuk melakukan hal-hal yang tidak Anda inginkan terkait mereka, sehingga menambah beban atau stres lebih lanjut.

Contohnya mendengar curahan hati mereka yang menyita waktu, beban kerja tambahan yang dibagikan dengan alasan membantu hingga menemani mereka di luar jam kerja. Tapi jangan pula, bersikap dingin kepada rekan kerja atau bos. Bisa membuat Anda terasing atau tidak bahagia di kantor. Upayakan bersikap profesional sebagai rekan kerja dan bawahan sepantasnya.

4. Jangan gengsi bertanya

Jika Anda seorang karyawan baru, jangan ragu atau sungkan untuk bertanya. Dengan bertanya, Anda bisa mengetahui lebih baik tentang tugas ataupun hal terkait perusahaan. Baik pula untuk mencegah Anda terjebak di persepsi yang salah sehingga melahirkan stres baru.

5. Liburan

Mengerjakan tugas dan proyek tanpa henti dapat membuat seseorang membosankan dan tidak produktif. Dengan beristirahat atau berlibur bisa menyegarkan pikiran dan meremajakan produktivitas seseorang. Ibarat, gelas kosong bisa menampung air baru dengan baik.