6 Cara Mencegah Mual Setelah Olahraga

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi olahraga berlebihan. shutterstock.com

Ilustrasi olahraga berlebihan. shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta -Setelah olahraga bisa mengalami mual, terutama jika terlalu memaksakan diri saat berolahraga. Hal itu bisa dialami oleh siapa saja, termasuk para pemula dalam olahraga, orang yang sudah terbiasa berolahraga, bahkan atlet.

Mual setelah berolahraga disebabkan aliran darah yang lebih banyak mengalir ke otot, sehingga saluran cerna kurang mendapat aliran darah sehingga terjadilah rasa tidak nyaman di saluran cerna. Selain itu dapat pula disebabkan oleh dehidrasi pengosongan lambung yang terlambat dan kurangnya elektrolit tubuh.

Berikut sejumlah cara mengatasi mual setelah berolahraga

1. Lakukan pemanasan dan pendinginan

Olahraga yang dimulai dan diakhiri dengan tiba-tiba dapat memicu rasa mual setelah olahraga. Sama seperti otot dan persendian, organ tubuh bisa saja tersentak saat Anda mulai atau berhenti olahraga secara mendadak. 

Oleh sebab itu, Anda sebaiknya tak melewatkan tahap pemanasan sebelum berolahraga dan pendinginan sesudahnya. Selain mencegah mual, pemanasan bertujuan meregangkan otot dan pendinginan akan meredakan denyut jantung yang cepat. Dengan ini, Anda pun terhindar dari cedera. 

2. Makan beberapa jam sebelum olahraga

Saat berolahraga, darah akan mengalir ke otot-otot dan organ-organ tubuh penting yang bekerja keras. Misalnya, jantung, paru-paru, dan otak. Sementara organ pencernaan akan mengalami kekurangan aliran darah. Sebagai akibatnya, proses cerna akan melamban. Bila Anda makan terlalu kenyang atau jaraknya terlalu dekat dengan jadwal olahraga, perut Anda bisa terasa tidak nyaman, bahkan mual. Pasalnya, sistem pencernaan tidak memiliki cukup waktu untuk mencerna makanan tersebut. 

Untuk mencegah mual setelah olahraga, Anda bisa melahap camilan sehat yang mengenyangkan pada dua hingga tiga jam sebelum berolahraga. Ingat, porsinya juga jangan berlebihan. Dengan mengonsumsi makanan sehat beberapa jam sebeum berolahraga juga akan menjamin Anda memiliki energi yang cukup ketika berolahraga. Langkah ini akan membuat kadar gula dalam darah Anda tetap stabil. 

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."