Kisah Jessica Alba Mengelola Bisnis Kecantikan Jenis Clean Beauty

Jessica Alba, aktris dan pendiri The Honest Company dan Honest Beauty. Instagram/@honest_beauty

karir

Kisah Jessica Alba Mengelola Bisnis Kecantikan Jenis Clean Beauty

Selasa, 5 November 2019 08:00 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Aktris Jessica Alba salah satu pesohor yang menaruh perhatian terhadap industri kecantikan jenis clean beauty. Ia menerapkan gaya hidup clean beauty itu kepada dirinya sendiri lebih dari 10 tahun silam. Sejak tahun 2011 pula, Jessica Alba sudah membuat label The Honest Company yang mengedepankan ciri clean beauty. Yaitu pemilihan produk kecantikan yang bebas dari toksin atau kandungan yang berpotensi menimbulkan masalah kesehatan.

"Clean beauty sedang tren," ucap aktris berusia 38 tahun itu kepada laman Marie Claire. "Sejujurnya, dalam produk kecantikan, ada banyak perlabelan yang bisa jadi membingungkan tentang kecantikan natural, organik, dan clean beauty," lanjut Jessica Alba.

"Konsumen mengira mereka membeli produk kecantikan yang lebih dengan label itu, tapi ternyata  tidak selalu. Sayangnya, tidak ada aturan, hukum atau standar yang membuat merek kecantikan tidak menggunakan bahasa pemasaran jenis ini. Tidak ada pengawasan pemerintah yang nyata atas apa yang sebenarnya dianggap clean beauty dan alami," imbuh ia.

"Bahkan tentang pengawasan produk yang benar-benar organik di Amerika Serikat masih longgar. Oleh sebab itu, karena kami tidak memiliki peraturan pemerintah, Anda harus meneliti dan mempelajari semua kandungan bahan dengan tepat,” jelas ia.

Rangkaian produk perawatan kulit The Honest Company milik Jessica Alba. Instagram/@honest

Dalam bisnis clean beauty yang didirikan selebriti, Jessica Alba menjadi pionir. Ia memulai The Honest Company dengan meluncurkan produk bayi dan rumah tangga. Lalu, pada 2015, ia meluncurkan Honest Beauty mencakup makeup dan skincare atau produk perawatan kulit.

Perjuangan Jessica Alba dalam menciptakan produk clean beauty tidak selalu mulus. The Honest Company telah melalui sejumlah tuntutan hukum terkait produk. Empat tahun lalu, seorang konsumen mengklaim tabir surya Alba tidak efektif dan diberi label yang salah sebagai natural.

Pada tahun berikutnya, Asosiasi Konsumen Organik Amerika Serikat mengajukan gugatan yang mengklaim bahan-bahan dalam formula produk bayi tidak benar-benar organik. Tuntutan hukum tersebut telah diselesaikan, kemudian pada 2018 Jessica Alba memutuskan merombak semua.