7 Trik Desain Dapur Serba Putih Agar Tak Membosankan

Dapur cantik dominasi warna putih (Sumber: freshome.com)

ragam

7 Trik Desain Dapur Serba Putih Agar Tak Membosankan

Senin, 4 November 2019 10:30 WIB
Reporter : Tempo.co Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Warna putih salah satu pilihan warna yang tak lekang oleh waktu dalam menghiasi rumah, termasuk area dapur. Karakteristik warna putih membuat dapur tampak modern, bersih, rapi, dan terang. Tapi, dapur serba putih seringkali dianggap membosankan. Namun anggapan ini tidak sepenuhnya salah.

Jika tak cerdik, dapur yang didominasi warna putih memang akan mengundang rasa jenuh. Ada trik-trik khusus untuk menyulap dapur serba putih terlihat super cantik. Berikut ini beberapa cara kreatif mendesain dapur serba putih agar terlihat lebih menarik dan tidak membosankan. 

1. Lampu Gantung, Pengubah Suasana

Dapur serba putih IS House, karya: Mint-DS (Sumber: Arsitag.com)

Memasang lampu gantung menjadi trik cerdik untuk mengubah suasana dapur. Jika ingin dapur serba putih tampak elegan, pilihlah lampu gantung bernuansa silver atau stainless steel seperti di dapur IS House. Ingin lebih berani lagi menghidupkan suasana dapur? Cobalah memilih lampu gantung bernuansa merah tua. Misalnya saja, kap lampu gantung dari bahan perunggu. Dua, tiga, atau empat lampu gantung sudah bisa mengubah suasana dapur dominasi putih yang menjemukan menjadi lebih berenergi.

2. Lantai Bermotif yang Kontras

Dapur serba putih dengan lantai motif di Taman Cilandak House, karya: Adria Yurike Architects (Sumber: Arsitag.com)

Tak ada yang salah dengan lemari-lemari dapur maupun dinding berwarna putih. Dominasi kategori warna terang ini justru akan membuat dapur terlihat cerah dan luas. Ingin memberikan sentuhan khas agar dapur menjadi super cantik dan berkarakter? Pilihlah lantai bermotif yang kontras, seperti lantai motif batik di dapur Taman Cilandak House.

Lantai motif kayu atau lantai motif bebatuan juga bisa Anda pertimbangkan. Lantai yang kontras ini akan menjadi magnet yang menghidupkan atmosfer dapur.

3. Dekorasi Hijau di Dapur Serba Putih

Dekorasi hijau di dapur dominasi putih (Sumber: idealhome.co.uk)

Dekorasi berikutnya yang cocok untuk dapur serba putih adalah dekorasi hijau alias tanaman. Tanaman hijau yang kontras dengan dominasi warna putih akan menjadi dekorasi yang menonjol dan menyegarkan suasana. Tambahkan saja pot-pot tanaman hijau di berbagai sudut dapur, mulai dari yang bentuknya kecil hingga besar. Hadirkan beragam tanaman indoor, mulai dari tanaman hias berbunga hingga dedaunan yang menjalar. Dengan demikian, dapur Anda akan tampil lebih cantik dan segar.

4. Sentuhan Warna Kontras yang Menghidupkan Suasana

Warna kontras yang menonjol (Sumber: Hgtv.com)

Sebenarnya tak sulit menghidupkan suasana dapur serba putih. Tak perlu renovasi besar-besaran, cukup berikan sentuhan warna kontras pada satu atau dua titik. Di antaranya menambah warna merah atau oranye pada kusen pintu, meletakkan dekorasi berwarna terang di meja dapur, atau memilih perangkat dapur berwarna kontras. Sebidang warna kontras saja akan tampak menonjol di tengah dominasi warna putih dan menghasilkan pemandangan dapur yang lebih hidup.

5. Subway Tiles untuk Dinding Dapur

Dinding dengan keramik putih gaya subway tiles (Sumber: freshome.com)

Dapur serba putih yang cantik bisa divariasikan menggunakan pola keramik subway atau subway tiles. Pola keramik ini merupakan pola klasik yang dipakai di area subway di Kota New York pada tahun 1900-an. Kini pola keramik subway kembali digunakan dan menjadi populer dalam gaya Skandinavian ataupun gaya modern klasik. Sentuhan pola keramik subway di dapur serba putih akan membuat dapur menjadi lebih elegan dengan nuansa klasik.

6. Kombinasi Rak Terbuka di Dapur Serba Putih

Rak terbuka di dapur serba putih (Sumber: freshome.com)

Untuk penyimpanan perlengkapan dapur, tak harus menggunakan lemari tertutup seluruhnya. Kombinasikan saja dengan rak-rak terbuka yang dapat memperlihatkan aneka benda-benda dapur. Misalnya saja, gunakan laci tertutup di bagian bawah lalu rak-rak terbuka untuk bagian atas. Keunikan warna dan bentuk peralatan dapur yang diletakkan pada rak terbuka tersebut akan menjadi dekorasi yang cantik, lho.

7. Skylight Pengganti Jendela Dapur

Dapur dengan skylight (Sumber: Freshome.com)

Keberadaan jendela memang akan membuat dapur kelimpahan cahaya alami. Untuk dapur serba putih, jendela berukuran besar memberi keuntungan khusus. Dapur tak hanya semakin terang, tetapi juga mendukung terciptanya ilusi ruangan yang lebih luas. Lalu, bagaimana jika dapur tak memiliki jendela?

Keterbatasan bangunan memang acap kali membuat dapur tak memiliki jendela. Solusinya, gunakan saja skylightSkylight adalah kaca atap yang mampu menyalurkan cahaya alami matahari. Pilihannya pun bervariasi. Tentukan apakah Anda menginginkan desain berukuran besar atau kecil, ataupun yang bisa dibuka atau permanen. Dengan skylight, dapur serba putih pun jadi super cantik dengan sorotan cahaya alami matahari.

ARSITAG