Anak Juga Butuh Tabir Surya, Begini Cara Memilihnya

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi tabir surya (Pixabay.com)

Ilustrasi tabir surya (Pixabay.com)

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Paparan terik matahari yang sangat menyengat beberapa hari belakangan tak hanya membahayakan kita, anak-anak juga termasuk di dalamnya. Salah satu perlindungan wajib untuk melindungi kesehatan kulit adalah tabir surya

"Pakai topi, payung, dan tabir surya. Bukan masalah jadi hitam, tetapi banyak efek sinar matahari seperti kanker kulit, flek," kata dr Alni Magdalena dari Alodokter di Jakarta, akhir pekan silam. 

Topi atau gunakan payung juga berfungsi mencegah Anda mengalami sunburn atau luka bakar akibat sinar matahari yang terlalu terik. Walau hanya merah-merah pada kulit, itu sudah termasuk luka bakar yang sebenarnya bisa Anda hindari.

Tak hanya orang dewasa, tabir surya juga bisa diberikan pada anak di atas usia satu tahun. Saat ini sudah ada produk yang diperuntukan khusus untuk anak.

Bedanya dengan produk untuk dewasa, tabir surya untuk anak biasanya tidak mengandung bahan tambahan, selain bahan dasar tabir surya itu sendiri.

"Sekarang ada tabir surya untuk anak, perbedaannya itu hanya di pembawa atau campurannya. Dipilih bahan yang tidak terlalu keras untuk kulit anak. Hanya bahan dasar tabir surya tanpa tambahan," tutur dr. Alni.

Ia juga tak menganjurkan Anda beraktivitas di luar ruangan kecuali untuk keperluan mendesak demi mencegah dehidrasi atau bahkan heat stroke. Selain itu, ia juga tak mengajurkan konsumsi suplemen, walau tidak melarangnya.

ANTARA

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."