Apa Saja Persiapan Melahirkan Normal Usai Operasi Caesar?

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi persiapan melahirkan. Shutterstock

Ilustrasi persiapan melahirkan. Shutterstock

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Bagi beberapa wanita yang pernah melahirkan dengan operasi caesar ingin melahirkan secara normal pada kehamilan berikutnya. Melahirkan normal pasca caesar atau vaginal birth after caesar (VBAC) ternyata memungkinkan untuk dilakukan. Meski demikian, terdapat beberapa faktor yang harus Anda perhatikan sebelum memutuskan melakukannya.

Selain itu, dokter mungkin akan mengatakan melahirkan normal pasca caesar terlalu berisiko bagi Anda jika memiliki kondisi seperti preeklampsia, obesitas, janin yang dikandung sangat besar, berusia lebih dari 35 tahun, melakukan operasi caesar dalam 19 bulan terakhir, 

Keamanan Anda dan janin tentu menjadi hal utama yang harus dipertimbangkan. Meski melahirkan normal pasca caesar dapat dilakukan, tapi tidak semua wanita aman untuk melakukannya. Agar dapat melahirkan secara normal setelah caesar, ibu dan janin harus dipastikan sehat dan mampu menjalani prosedurnya, pernah melakukan dua operasi caesar sebelumnya tanpa ada persalinan normal, hamil kembar tiga atau lebih, persalinan macet, kehamilan yang melewati 40 minggu, serta pertambahan berat badan berlebih selama kehamilan.

Hal penting lainnya yang harus Anda diskusikan bersama dokter sebelum memutuskan melahirkan normal pasca caesar adalah mengenai jenis bekas luka operasi caesar yang ada di rahim. Jika bekas luka caesar vertikal, Anda tidak dapat mencoba melahirkan secara normal. Ada risiko yang sangat tinggi bekas luka akan robek dan terbuka kembali ketika Anda mencoba melahirkan normal. Kondisi ini tentunya dapat membahayakan Anda maupun janin.

Sementara, jika bekas luka operasi caesar yang Anda miliki melintang dan rendah, maka dokter mungkin akan mengizinkan untuk mencoba melahirkan secara normal. Tentu saja juga dengan pertimbangan kondisi Anda dan janin sehat.

Diskusikan segala kekhawatiran dan keinginan Anda mengenai melahirkan secara normal ini. Pastikan dokter memiliki riwayat medis lengkap Anda, terutama catatan operasi caesar sebelumnya.

Dokter akan menggunakan catatan riwayat medis Anda untuk mempertimbangkan kemungkinan berhasilnya melahirkan normal pasca caesar. Selalu konsultasikan pada dokter mengenai risiko Anda melakukan VBAC. Jika Anda diperboleh melakukan persalinan normal oleh dokter, maka lakukanlah hal-hal berikut sebagai bentuk persiapan Anda untuk melahirkan normal pasca operasi:

- Mempelajari tentang VBAC. Tanyakan pada dokter dan cari tahu informasi mengenai VBAC dari berbagai referensi terpercaya.

- Cari rumah sakit yang dapat melakukan operasi caesar darurat. Ini sebagai bentuk antisipasi jika terjadi masalah saat persalinan.

- Menjaga kehamilan dengan melakukan gaya hidup sehat. Mengonsumsi makanan yang bernutrisi dan olahraga ringan dapat membantu menciptakan kehamilan yang sehat.

- Hindari stres. Stres dapat memicu masalah di masa kehamilan.

SEHATQ

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."