6 Tanda Kamu Belum Siap Menikah, Di Antaranya Banyak Rahasia

Ilustrasi pasangan. Unsplash/

cinta

6 Tanda Kamu Belum Siap Menikah, Di Antaranya Banyak Rahasia

Selasa, 29 Oktober 2019 08:00 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Salah satu tujuan dari pernikahan adalah komitmen seumur hidup dengan satu orang selama sisa hidup. Untuk sampai di tahap itu, setiap pasangan menyelaraskan beragam visi dan misi saat berpacaran. Tak sedikit pula yang berjuang untuk sampai ke tahap tersebut dengan segala galau dan konflik. Namun ada beberapa tanda yang perlu dipertimbangkan bahwa Anda belum siap menikah.

Tujuannya mencegah malapetaka dalam pernikahan. Bila Anda dan pasangan masih kerap bertengkar yang disebabkan masalah kepercayaan atau masih menyimpan banyak rahasia, itu salah satu pertanda Anda belum siap mengarungi biduk rumah tangga.

Berikut enam tanda Anda belum siap menikah seperti dikutip dari laman Pink Villa

1. Masa lalu yang belum terselesaikan

Bila Anda memiliki “koper” emosional yang besar, maka pasangan bisa menanggung akibatnya. Misalnya, Anda masih memiliki perasaan terhadap mantan dan tidak dapat melepaskannya. Anda memiliki luka emosional yang belum sembuh dan pernikahan tidak akan membantu Anda atau pasangan.

2. Bermasalah dengan komitmen

Anda tidak merasa nyaman dengan komitmen. Anda terus-menerus berpikir tentang bagaimana harus melepaskan kebebasan Anda di masa lajang. Anda tidak merasa nyaman harus menjadi milik satu orang dan terikat dengan kesepakatan.

3. Memiliki keraguan dalam hubungan

Anda tidak yakin tentang pernikahan dan bagaimana pernikahan akan berjalan. Anda tidak 100 persen yakin bahwa orang yang Anda nikahi adalah "orangnya".

4. Mempunyai masalah kepercayaan

Beberapa pasangan yang punya masalah kepercayaan memilih pernikahan sebagai “ikatan”. Mereka meyakini pasangan akan tunduk saat sudah diikat dalam pernikahan. Kenyataannya, anggapan itu salah. Sebab Anda ingin menikah untuk “mengikat” pasangan sesuai keinginan Anda, bukan karena Anda ingin bersama-sama selama sisa hidup.

5. Menyimpan banyak rahasia

Anda dan pasangan tidak saling mengungkapkan segalanya dan tidak ada transparansi di antara kalian berdua. Tidak ada hubungan yang dapat dibangun di atas banyak kebohongan. Saat kebohongan diungkapkan oleh orang lain, peristiwa itu bisa menyebabkan banyak kerusakan daripada yang bisa Anda bayangkan.

6. Memiliki masalah dalam menyelesaikan konflik

Anda selalu memiliki argumen lama yang sama, selalu diungkit setiap bertengkar, dan tidak mampu menyelesaikan konflik, itulah salah satu tanda Anda belum siap menikah. Pastikan dulu Anda dan pasangan sepakat dalam menyampaikan pendapat, berdebat hingga menyelesaikan konflik.