12 Jenis Makanan yang Disarankan bagi Penderita Autoimun

Ilustrasi perempuan terbaring di atas tempat tidur rumah sakit. (Unsplash.com/Sharon McCutcheon)

kesehatan

12 Jenis Makanan yang Disarankan bagi Penderita Autoimun

Jumat, 18 Oktober 2019 06:10 WIB
Reporter : Sehatq.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Belum lama ini, penyanyi Ashanty mengungkapkan bawah ia menderita penyakit autoimun. Kabar itu disampaikannya lewat unggahan di laman Instagram, pada Selasa, 8 Oktober 2019. Ada beberapa jenis penyakit autoimun yang umum meliputi lupus, rheumatoid arthritis, diabetes tipe 1, psoriasis, dan banyak lagi. Namun, jenis penyakit autominum yang diderita istri Anang Hermansyah itu belum diketahui. 

Penyakit autoimun adalah kondisi sistem kekebalan tubuh justru menyerang sel-sel yang sehat. Normalnya, sistem imun hanya akan bereaksi ketika tubuh terserang kuman, virus, bakteri, atau toksin. Namun pada penderita autoimun, sistem kekebalan tubuhnya keliru dan menyerang sel-sel yang sebenarnya tidak bermasalah. Kondisi ini menyebabkan penderita menjadi lebih rentan terhadap berbagai macam penyakit. 

Meski belum ada cara ampuh untuk menyembuhkan kondisi autoimun, penyakit ini diduga dapat dikendalikan dengan menerapkan pola makan tertentu. Pola makan penderita autoimun dikenal juga dengan istilah autoimmune protocol (AIP) atau AIP diet. Pedoman makanan ini bertujuan meredakan peradangan dan berbagai gejala lainnya yang disebabkan oleh kondisi autoimun.

Meski disebut pula sebagai paleo autoimmune protocol ini, AIP diet merupakan versi yang jauh lebih ketat dari diet Paleo. Diet yang umumnya terdiri dari konsumsi daging, ikan, sayur-sayuran, kacang-kacangan, dan biji-bijian. Pada diet penyakit autoimun, penderita diharuskan menjauhi makanan yang berisiko menimbulkan peradangan dalam usus. Aturan ini muncul karena kondisi autoimun diyakini berkaitan dengan adanya gangguan pada permeabilitas usus.

Permeabilitas usus adalah kemampuan usus dalam meloloskan zat-zat tertentu yang dibutuhkan oleh tubuh, seperti air, nutrisi, maupun elektrolit. Bila terjadi gangguan pada permeabilitas usus, zat-zat tersebut bisa lolos ke pembuluh darah. Demikian pula dengan kuman, bakteri, maupun parasit.

Sistem imun tubuh kemudian mendeteksi zat-zat tersebut sebagai musuh dan merespons dengan menyerangnya. Reaksi inilah yang akhirnya menyebabkan inflamasi pada tubuh penderita penyakit autoimun. Dengan mengatur makanan untuk penderita penyakit autoimun dikatakan dapat membantu dalam mengendalikan kondisinya. Tak hanya itu, penderita juga lebih dianjurkan untuk memperhatikan benar nutrisi yang masuk ke tubuhnya. 

Manfaat pola makan penderita penyakit autoimun diharapkan dapat mengurangi gejala penyakit autoimun, mengembalikan kerja sistem kekebalan tubuh seperti sedia kala, mencegah munculnya respons dari sistem imun tubuh dan mencegah kemungkinan terjadinya penyakit autoimun sekunder. 

Anda perlu menjalani diet penyakit autoimun selama beberapa minggu sebelum dapat mulai menambahkan jenis makanan lain, di luar menu diet. Penambahan menu pun harus dilakukan secara bertahap. Misalnya, setiap beberapa hari hingga seminggu sekali. Lalu, pantau apakah Anda memiliki reaksi terhadap makanan tersebut atau tidak. Jika mengalami efek samping tertentu, Anda tidak disarankan untuk mengonsumsi makanan tersebut untuk waktu yang cukup lama. 

Selama menjalani diet, beberapa jenis makanan untuk penderita autoimun berikut bisa disertakan ke dalam menu.

  1. Daging dan ikan.
  2. Sayur-sayuran, kecuali sayur yang berasal dari famili Solanaceae (seperti tomat, terong, paprika, kentang, dan sejenisnya).
  3. Ubi jalar
  4. Santan
  5. Minyak alpukat, minyak zaitun, minyak kelapa
  6. Makanan fermentasi bebas susu, seperti kombucha atau kimchi.
  7. Rempah, seperti daun basil, daun mint, dan oregano
  8. Teh hijau
  9. Kaldu dari rebusan tulang
  10. Cuka, seperti cuka apel dan cuka balsamik
  11. Buah-buahan, tapi hanya dalam jumlah sedikit. Dalam menjalani diet penyakit autoimun, buah-buahan sebenarnya tidak selalu boleh dimakan.
  12. Madu atau sirup maple, tapi hanya dalam jumlah sedikit

SEHATQ