Beyonce Jalani Tes Kanker Payudara setelah Ayahnya Didiagnosis

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Beyonce saat tampil di Coachella 2018. Instagram/@beyonce

Beyonce saat tampil di Coachella 2018. Instagram/@beyonce

IKLAN

CANTIKA.COM, JakartaBeyonce Knowles dan adiknya, Solange, menjalani tes untuk kanker payudara setelah ayah mereka, Mathew Knowles, didiagnosis menderita penyakit tersebut. Tes itu dilakukan untuk melihat apakah mereka membawa mutasi gen BRCA2 yang berpotensi fatal, setelah ayah mereka mengetahui penyakitnya.

Pria 67 tahun itu membuka ceritanya melawan kanker yang jarang diderita pria di Good Morning America ABC, dalam rangka Bulan Kesadaran Kanker Payudara di seluruh dunia. Menurutnya, kanker yang ia derita merupakan genetika.

“Ini juga berarti bahwa anak-anak saya memiliki peluang lebih tinggi, risiko lebih tinggi, bahkan cucu saya memiliki risiko lebih tinggi,” kata dia seperti dikutip dari laman Mirror.

Jadi, anak dan cucunya pun perlu melakukan deteksi dini untuk mewaspadai penyakit ini. "Mereka menanganinya seperti seharusnya, mereka menjalani tes,” tutur Matthew.

Ia mengungkapkan bahwa keluarganya memiliki riwayat kanker payudara. Adik perempuan ibunya meninggal karena kanker payudara, dan satu-satunya anak perempuan tantenya itu meninggal karena kanker payudara.

Selain itu, saudara iparnya juga meninggal karena kanker payudara. “Jadi kanker payudara ada di sekitar saya. Ibu istri saya juga menderita kanker payudara,” ungkapnya.

Matthew, yang sebelumnya adalah manajer Beyonce, mengatakan ia mendatangi dokter setelah melihat titik darah yang berulang di kemejanya. Lalu ia menjalani pemeriksaan mammogram dan didiagnosis menderita kanker payudara.

Mutasi gen BRCA2 membuat ia  berisiko tinggi menderita penyakit itu. Selain kanker payudara, ia juga mengaku berisiko tinggi mengalami kanker prostat, kanker pankreas, dan melanoma.

“Sepanjang sisa hidup saya, saya harus sangat sadar dan melakukan semua deteksi dini,” pungkasnya. Setelah menjalani operasi pada akhir Juli, Knowles dinyatakan bersih dari kanker. Dia berhenti minum alkohol dan banyak berolahraga dan bermeditasi.

Cancer Research UK menyebut kanker payudara cukup  jarang terjadi pria Inggris. Untuk pria, ada 390 diagnosis setiap tahun, sementara wanita jauh lebih tinggi, yaitu 54.800 kasus.

MILA NOVITA

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."