Sebab Perempuan Suka dengan Pria Misterius, Ini Penjelasan Studi

Ilustrasi pasangan mesra. shutterstock.com

cinta

Sebab Perempuan Suka dengan Pria Misterius, Ini Penjelasan Studi

Minggu, 13 Oktober 2019 07:30 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Beragam alasan perempuan suka dengan pria. Mulai dari perhatian, berwajah tampan, seperti sosok ayahnya yang berkarisma, royal hingga misterius. Poin yang terakhir ini sering menjadi perbincangan di antara chatroom para perempuan. Mengapa pria misterius itu memikat atau menantang untuk perempuan? Padahal, sosoknya sok cool dan tidak peduli. Ternyata hal itu pun ditelusuri oleh penelitian.

Melansir laman Purewow, berdasarkan studi dari Universitas Virginia dan Harvard ditemukan bahwa kebanyakan perempuan suka dengan laki-laki yang menunjukkan tingkat ketertarikan paling rendah dan ambigu. Hal itu diungkap dalam studi berjudul He Loves Me, Me Loves Me Not…’: Uncertainty Can Increase Romantic Attraction.

Dalam penelitian ini, subjek tes adalah perempuan (semua mahasiswi di Universitas Virginia) diberitahu bahwa mereka ikut ambil bagian tentang kencan online (tidak benar). Dijelaskan kepada mereka bahwa profil Facebook mereka dilihat oleh sekelompok mahasiswa perguruan tinggi, kemudian para pria diminta untuk menilai seberapa baik dan peluang hubungan cinta.

Selanjutnya, subjek perempuan dibagi menjadi tiga kelompok, dan masing-masing diperlihatkan profil Facebook dari empat laki-laki berusia 20-an tersebut.

Satu kelompok perempuan diberitahu bahwa ini adalah pria yang paling menyukai mereka. Kelompok lainnya dijelaskan bahwa pria ini memberi mereka peringkat tengah. Sementara itu, kelompok terakhir dituntun untuk percaya bahwa perasaan laki-laki ini tidak jelas alias ambigu kepada profil mereka.

Berdasarkan hasil yang diterbitkan dalam jurnal Psychological Science, “Para perempuan paling tertarik pada pria yang perasaannya tidak diketahui. Penelitian menemukan sosok pria misterius ini, bahkan lebih menarik daripada pria yang secara terbuka menyatakan ketertarikan mereka. “

Menurut para peneliti, hasil ini ada hubungannya dengan “kesenangan dari ketidakpastian." Menurut kelompok perempuan dengan hasil para pria tidak jelas perasaannya, mereka jadi lebih sering memikirkan pria yang perasaannya ambigu tersebut. Semakin Anda memikirkan seseorang, bertambah pula daya tarik penampilan mereka.

Semoga penelitian ini dapat menjelaskan rasa penasaran Anda selama ini. Tapi jangan biarkan pula, perasaan sayang Anda tak jelas ujungnya dengan pria misterius yang tak pernah merespons, ya.