7 Cara Redakan Sakit Pinggang dengan Bahan dan Cara Alami Ini

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi sakit pinggang/pinggul. cronicadeiasi.ro

Ilustrasi sakit pinggang/pinggul. cronicadeiasi.ro

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Salah satu masalah yang kerap dialami pekerja yang banyak duduk adalah sakit pinggang. Tentu kondisi ini bukan hal yang diharapkan dan bisa menganggu aktivitas harian. Penyebab sakit pinggang pun beragam, bisa jadi karena cedera saat berolahraga, mengalami radang persendian, dan banyak lagi kemungkinan lainnya. Sejatinya, sakit pinggang bisa sembuh dengan sendirinya dalam waktu beberapa hari. Namun, tak ada salahnya mencoba beberapa bahan alami untuk menyembuhkan sakit pinggang. 

Berikut ini bahan alami untuk meredakan sakit pinggang.

1. Dedalu (willow bark)

Tanaman dedalu atau gandarusa disebut juga dengan willow bark. Dedalu termasuk dalam kelompok semak-semak yang mengandung asam salisilat atau BHA alami. Biasanya, dedalu digunakan untuk mengatasi jerawat dan kulit berminyak. Namun, dedalu juga bisa menjadi obat sakit pinggang alami. Sejak dulu, orang telah menggunakan dedalu untuk meredakan peradangan. Tak heran, kandungan asam salisilatnya memang punya khasiat yang sama seperti halnya aspirin.

Anda bisa menggunakan dedalu dengan cara direbus seperti teh. Kadang ada juga yang sudah berbentuk suplemen cair atau kapsul. Tapi ingat, dedalu bisa bereaksi sensitif pada beberapa orang. Selain itu, mengkonsumsi dedalu bisa menyebabkan gangguan pencernaan dan ginjal hingga memicu pendarahan. Hanya gunakan dedalu untuk orang dewasa karena bisa beracun bagi anak-anak.

2. Cengkeh

Tak hanya untuk memberi rasa pada makanan, cengkeh juga bisa menjadi obat sakit pinggang alami. Kandungan alami pada cengkeh adalah eugenol, pereda rasa sakit alami yang banyak digunakan pada obat penghilang rasa sakit di pasaran. Anda bisa mengoleskan sedikit minyak cengkeh pada area yang mengalami sakit pinggang. Meski demikian, pasien yang juga mengonsumsi obat pengencer darah sebaiknya berhati-hati karena minyak cengkeh meningkatkan risiko pendarahan.

Ilustrasi kunyit. Ndtv.com

3. Kunyit

Rempah berwarna kuning ini mengandung curcumin, antioksidan yang membantu menangkal radikal bebas atau molekul yang bisa merusak sel dan jaringan tubuh. Anda bisa mengonsumsinya dengan merebus kunyit dan meminum air rebusannya, sama seperti membuat teh. Tak hanya sebagai obat sakit pinggang alami saja, air rebusan kunyit kerap dijadikan penangkal rasa sakit untuk keluhan lain.

4. Akupuntur

Obat sakit pinggang alami berikutnya yang layak dicoba adalah akupuntur. Sejak lama, metode ini dianggap paling efektif dalam meredakan sakit pinggang. Menurut pengobatan tradisional Tiongkok, jarum yang digunakan dalam akupuntur bisa membebaskan energi yang tadinya tertutup sepanjang meridian tubuh.

Dengan demikian, akupuntur akan mengirim sinyal kepada sistem saraf untuk meredakan rasa sakit. Jika Anda tertarik untuk menjajal akupuntur, biasanya akan semakin efektif bila dilakukan beberapa kali dalam seminggu sampai sakit pinggang terasa membaik.

5. Kompres hangat

Obat sakit pinggang alami berikutnya yang juga umum digunakan adalah kompres area yang terasa sakit dengan kompres hangat. Ketimbang menggunakan es batu,  ada baiknya menempelkan kompres hangat di area persendian yang sakit. Anda bisa menggunakan heat packs yang bisa dipanaskan dan digunakan berulang kali. Cara ini bisa dilakukan sesering mungkin hingga sakit pinggang terasa mereda.

6. Memancing hormon endorfin

Rupanya, obat sakit pinggang alami juga bisa datang dari pikiran seseorang yaitu dengan hormon endorfin. Ini adalah hormon alami yang membantu mengalihkan sinyal rasa sakit ke otak. Beberapa aktivitas yang bisa memancing hormon endorfin adalah olahraga, pijat, dan meditasi. Untuk urusan pijat, pastikan memilih terapis yang benar-benar tahu bagaimana memijat orang yang sedang menderita sakit pinggang.

7. Berjemur

Ketika merasakan sakit pinggang, coba berjemur untuk mendapatkan banyak vitamin D. Semakin terpenuhi vitamin D seseorang, akan semakin mudah meredakan rasa nyeri akibat sakit pinggang. Cara alami bisa dengan mengonsumsi makanan kaya vitamin D seperti susu dan ikan. Atau dengan berjemur di pagi hari.

Beberapa cara alami yang disebutkan di atas mungkin bereaksi berbeda untuk setiap orang. Ada yang merasa efektif, ada yang tidak. Namun ingat, rasa sakit atau nyeri adalah sinyal dari tubuh bahwa ada yang tidak beres di tubuh Anda.

Jika mencoba obat sakit pinggang alami tetap tidak berpengaruh, segera berkonsultasi pada dokter atau pakarnya untuk mencari penyebab utamanya. Ketika sakit pinggang telah mereda, coba cegah hal ini terulang kembali dengan selalu menjaga postur tubuh di posisi tegak. Selain itu, sebelum berolahraga pastikan selalu melakukan stretching dengan maksimal. Ketika membawa barang berat pun, angkat dari posisi jongkok, bukan dengan membungkuk.

SEHATQ

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."