Kriteria PR yang Ampuh Mengasah Daya Ingat dan Kemandirian Anak

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi orang tua atau ibu menemani anaknya belajar. shutterstock.com

Ilustrasi orang tua atau ibu menemani anaknya belajar. shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Pekerjaan Rumah atau PR salah satu aktivitas yang diberikan guru kepada siswa untuk dikerjakan di rumah. Biasanya, berbentuk Lembar Kerja Siswa yang terdiri dari soal-soal seputar materi baru. Namun dari sisi pendidikan, seberapa penting PR itu diberikan?

Dalam acara seminar Memulihkan Sekolah, Memulihkan Manusia, praktisi pendidikan Haidar Bagir mengatakan bahwa guru tetap wajib memberikan PR pada siswa. Sebab PR memiliki banyak manfaat, salah satunya mengasah daya ingat tentang pelajaran baru. “Anak-anak juga diajarkan tentang rasa tanggung jawab, dilatih mandiri, dan lebih disiplin,” katanya di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Meski demikian, pemberian PR harus didasari oleh kriteria tertentu. Pertama, Haidar menjelaskan tentang tujuan dari pemberian PR itu sendiri. Misalnya, PR diberikan setiap minggu pada suatu materi.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."