4 Profesi Ini Bisa Tergantikan oleh Mesin di Era Teknologi

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
24_karier_ilustrasikerja

24_karier_ilustrasikerja

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Di zaman serba teknologi sejumlah perubahan pun tak bisa dielakkan dari gaya hidup kita. Misalnya saja, foto-foto acara keluarga diabadikan lewat kamera dan baru bisa dilihat hasilnya setelah dicetak. Tapi sekarang, di detik juga kita bahkan bisa live dan mengunggah kebersamaan di media sosial. Bukan itu saja, gempuran teknologi juga merambah ke perubahan profesi

Dengan penggunaan teknologi, ada sejumlah jasa manusia yang bisa digantikan. Mesin dirasa lebih cepat. efisien, dan murah dalam pengelolaannya. Bukan berarti menakut-nakuti, tapi memang ada peluang sejumlah pekerjaan ini digantikan oleh mesin. 

Melansir laman  Finance 101 dan NBC News berikut ini sejumlah pekerjaan yang berisiko diambil alih oleh teknologi.

1. Kasir
Mengenai kasir, Anda tentu kini sudah mulai terbiasa membayar sesuatu dengan teknologi. Khususnya saat sedang berada di pusat perbelanjaan, Anda akan menemukan mesin self-service yang mudah digunakan. Cukup pindai dan masukan uang ke tempat yang diminta, Anda pun selesai berbelanja. Ini berarti, profesi kasir akan sangat mungkin digantikan oleh teknologi

2. Layanan pelanggan
Saat mengalami masalah dalam pembelian barang atau pun jasa, orang pertama yang akan dihubungi adalah layanan pelanggan. Namun, jika Anda sadar, layanan pelanggan sekarang sudah mulai bergeser dari berinteraksi dari manusia ke robot karena perusahaan telah meneliti permasalahan yang sama sehingga jawaban atas pertanyaan-pertanyaan itu pun juga bisa dipasang pada mesin.

3. Akuntan dan audit
Anda tentu sudah tidak asing lagi dengan istilah human error atau kesalahan yang dibuat manusia. Untuk pekerjaan akuntan dan audit, menganalisa data keuangan tentu dibutuhkan ketelitian yang tinggi sedangkan manusia sering melakukan kesalahan, sistem pada teknologi justru menghasilkan kesempurnaan sehingga di masa datang sangat mungkin kedua pekerjaan ini diganti oleh mesin.

4. Supir
Apakah Anda berpikir bahwa menyetir mobil hanya bisa dilakukan oleh manusia saja? Dengan kemajuan teknologi, sistem supir otomatis di mobil pun bisa melakukannya. Bahkan, telah ada beberapa mobil yang dipasarkan dengan kemampuan ini. Cukup klik GPS untuk arah jalan dan mobil pun bisa mengemudi dengan sendirinya ke tujuan yang diinginkan. 

SARAH ERVINA DARA SIYAHAILATUA

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."