3 Trik Menolak Ajakan Kencan di Instagram

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi Media Sosial. Kredit: Forbes

Ilustrasi Media Sosial. Kredit: Forbes

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Instagram tidak hanya menjadi wadah konten personal, tetapi kini juga jadi jejaring kencan seperti aplikasi kencan. Banyak orang yang mencari pasangan melalui platform tersebut. Jadi jangan heran jika tiba-tiba Anda mendapat direct message atau DM di akun Anda dari orang yang tidak dikenal. 

Berbicara dengan seseorang di Instagram sedikit berbeda dengan melalui pesan teks atau Tinder. Jika DM berasal dari orang yang tidak dikenal, Anda tidak wajib merespons. Bila mulai merasa tidak nyaman, Anda bisa memilih opsi memblokir atau mengabaikan pesan dari orang yang tidak Anda kenal.

Tapi jika ia adalah seseorang yang dikenal, Anda bisa meresponsnya dengan cara yang berbeda. Tapi sebaiknya jangan bertele-tele dan berharap mereka mendapat petunjuk. Semakin lama Anda menunda mengatakan bahwa Anda tidak tertarik, semakin mudah ia merasa terluka.

Dilansir dari laman Elite Daily, berikut tiga cara menolak ajakan kencan melalui Instagram atau platform media sosial lain.

1. Beri apresiasi

Mulailah dengan berterima kasih dan mengapresiasi perhatian dia kepada Anda. "Jika Anda dapat memasukkan semacam pujian, itu dapat melunakkan mereka," kata Dr. Susan Edelman, seorang psikiater. “Idealnya, perlakukan mereka seperti Anda ingin diperlakukan. Itu salah satu cara kita semua bisa membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik."

Jadi, Anda bisa mengatakan terima kasih. Tapi jika dia melanjutkan dengan mengajak Anda berkencan, Anda bisa menolak dengan mengucapkan, “Saya merasa itu bukan yang terbaik buat kita, tapi saya berharap yang terbaik agar kamu menemukan kebahagiaan.”

2. Berterus terang

Sebagian orang mungkin merasa canggung bersikap terus terang, tapi ini adalah cara terbaik untuk membantu orang tersebut move on dari penolakan dengan cepat. Menurut pakar kencan Erika Ettin, Anda tak perlu memberikan penjelasan apa pun, cukup mengatakan tidak.

“Jika orang itu tidak dapat menerimanya, itu masalah dia. Anda hanya bisa mengontrol apa yang Anda unggah, bukan bagaimana orang bereaksi terhadapnya,” tuturnya. Jadi, cukup beri tahu bahwa Anda tidak tertarik berkencan dengan orang itu, tapi berharap dia baik-baik saja.

3. Berempati

Tak perlu memberikan alasan mengapa Anda menolak karena itu tentu tidak akan menyenangkan bagi orang itu. Tapi, cobalah untuk menunjukkan empati pada mereka. Pakar kencan Trina Leckie menyarankan untuk mengatakan bahwa Anda dan dia bukan pasangan yang cocok. Itu akan lebih baik daripada mengatakan, "Anda bukan pasangan yang tepat untuk saya.”

Tapi jika tiga cara penolakan itu tetap tidak dapat diterima, itu bukan masalah Anda, tapi mereka.

MILA NOVITA

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."