5 Benda di Rumah Anda yang Mengandung Racun

Ilustrasi pengharum atau parfum. youtube.com

kesehatan

5 Benda di Rumah Anda yang Mengandung Racun

Jumat, 27 September 2019 09:00 WIB
Reporter : Tempo.co Editor : Mila Novita

CANTIKA.COM, Jakarta - Tanpa Anda sadari, ada banyak benda yang bisa membahayakan kesehatan Anda di rumah. Benda-benda yang Anda gunakan sehari-hari ini mengandung racun atau bakteri, misalnya plastik dan pengharum ruangan. 

1. Wadah plastik

Wadah plastik biasanya digunakan untuk menyimpan makanan. Benda ini memang sangat berguna, tapi perlu diperhatikan keamanannya. Sebagian besar wadah plastik mengandung racun. Perhatikan bagian bawah wadah, jika ada tulisan PC sebaiknya tidak digunakan. PC adalah singkatan dari polycarbonate dan mungkin mengandung bisphenol A (BPA) - bahan kimia beracun. BPA memiliki potensi untuk menyebabkan masalah pernapasan, masalah jantung dan bahkan mengurangi tekanan darah. Jadi, pilih plastik yang aman, atau lebih baik lagi diganti dengan wadah kaca.

2. Pengharum ruangan

Ketika Anda menutupi bau tidak sedap dengan pengharum ruangan, sebenarnya Anda meracuni diri sendiri. Pengharum ruangan mengandung bahan kimia yang berpotensi membahayakan tubuh Anda, mulai dari sakit kepala hingga masalah jantung. 

3. Sikat gigi bekas

Banyak orang yang sengaja menyimpan sikat gigi bekas atau yang sudah tidak layak pakai. Sikat gigi ini sebenarnya tidak lagi mampu membersihkan gigi dengan baik. Bahkan, sikat gigi bekas berpotensi menyimpan bakteri.

4. Talenan plastik

Talenan plastik terlihat lebih bersih dan memudahkan Anda memotong sayuran. Tapi, benda ini bisa menyimpan bakteri yang bersembunyi di bekas goresan pisau. Jadi, sebaiknya ganti talenan plastik dengan kayu karena kayu secara alami bersifat antibiotik.

 

5. Pakaian bekas

Senang menyimpan pakaian lama? Sebagian orang menyimpan pakaian yang sudah kekecilan tapi tapi berharap suatu saat bisa memakainya kembali. Sadar atau tidak, ini akan membuat Anda bertambah stres. Pakaian yang kekecilan akan mengingatkan Anda pada saat memiliki tubuh yang lebih kurus dan terobsesi kembali memilikinya. Jadi, lebih baik disingkirkan.

TIMES OF INDIA | BBC