Selain Daun Katuk, 8 Makanan Ini Berkhasiat Menambah Produksi ASI

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi buah pepaya. (Pixabay/nightowl)

Ilustrasi buah pepaya. (Pixabay/nightowl)

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Proses menyusui merupakan cara paling efektif sekaligus menyehatkan bagi anak. Namun, kegiatan menyusui tidak selalu mulus seperti biasanya. Salah satu kendala ibu menyusui adalah mempertahankan produksi Air Susu Ibu atau ASI untuk memenuhi kebutuhan gizi bayi. 

Bagi ibu yang menyusui langsung, salah satu cara memperbanyak produksi ASI adalah dengan mengonsumsi makanan penambah ASI. Biasanya makanan yang paling populer yang dipercaya menambah produksi ASI adalah sayur daun katuk. Jika bosan, ibu menyusui bisa mencoba beberapa makanan penambah ASI. 

Berikut ini sejumlah variasi makanan penambah ASI

1. Pepaya
Buah pepaya rupanya termasuk dalam daftar makanan penambah ASI. Anda bisa mengonsumsinya mentah bersama yogurt atau memasukkannya dalam sereal atau salad. 

2. Sayuran berwarna hijau gelap
Sayuran memang baik bagi semua orang, termasuk bagi ibu menyusui. Lebih spesifik lagi, pilihlah sayuran berwarna hijau gelap seperti kale, bayam, dan brokoli. Kandungan gizinya dapat menambah suplai ASI.

3. Bawang putih
Siapa sangka bumbu wajib dalam makanan ini ternyata juga bermanfaat sebagai makanan penambah ASI. Anda bisa menambahkan bawang putih pada olahan makanan yang dikonsumsi. Bahkan, bayi juga bisa menyusu lebih lahap ketika ada rasa bawang putih pada ASI.

4. Almond
Kacang-kacangan sangat bermanfaat sebagai cara memperbanyak ASI. Kandungan protein dan kalsiumnya sangat tinggi. Banyak ibu menyusui yang mengonsumsi almond sebagai camilan untuk menambah jumlah dan kekentalan ASI mereka.

5. Jahe
Olahan jahe bisa Anda campurkan dalam makanan atau diseduh menjadi minuman hangat. Apapun itu, jahe adalah bahan yang menyehatkan dan bisa meningkatkan suplai ASI Anda.

6. Air
Meskipun tidak masuk dalam kategori makanan penambah ASI, tapi sangat penting untuk menambahkan air dalam daftar ini. Selalu perbanyak frekuensi minum air putih Anda. Setiap kali usai menyusui atau memompa ASI, pastikan tubuh kembali terhidrasi dengan mengonsumsi cukup cairan.

7. Oatmeal
Tidak ada salahnya mengganti sarapan Anda dengan menu seperti oatmeal. Bisa dicampur dengan bahan manis seperti madu, susu, dan buah. Atau dalam olahan yang gurih. Mana saja yang sesuai dengan selera Anda bisa jadi pilihan cara memperbanyak ASI. Mengonsumsi oatmeal hangat atau overnight oat yang sudah disimpan di lemari pendingin malam sebelumnya dapat membantu menambah produksi ASI Anda.

8. Fennel & fenugreek
Bagi ibu menyusui, mungkin jenis tanaman seperti fennel dan fenugreek sudah tidak asing lagi. Sayuran ini mengandung fitoestrogen yang sejak lama digunakan sebagai cara memperbanyak ASI.

SEHATQ

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."