Hati-Hati, Belanja Online di Malam Hari Picu Anda Lebih Boros

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi belanja online / e-commerce. freepik.com

Ilustrasi belanja online / e-commerce. freepik.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Siapa yang senang belanja online saat mata belum mengantuk di tengah malam? Atau dijadikan hiburan sejenak di kala tenggat kerja. Bila Anda salah satu di antaranya, perhatikan bahwa orang yang senang belanja online di malam hari berisiko dieksploitasi pedagang sehingga jadi lebih boros. Alasan itu yang membuat sejumlah pengecer online lebih sering mengirimkan email promosi di malam hari.

Demikian temuan lembaga Money and Mental Health Policy Institute, yang didirikan oleh pakar keuangan pribadi Martin Lewis. Menurut laporan itu, sejumlah perusahaan penjualan online sering mengirim email promosi antara jam tengah malam hingga pukul 5 pagi untuk merayu pelanggan. 

Klaim itu muncul setelah Lewis mengumumkan kenaikan 23 persen dalam jumlah pembelian malam hari oleh pembeli menggunakan kartu kredit tahun lalu dibandingkan dengan 2017. Satu dari 15 barang yang dibeli dalam kartu kredit antara pukul 24.00 hingga 06.00.

Penjual juga melaporkan bahwa dua pertiga dari penjualan malam hari adalah untuk perempuan. "Ada korelasi yang jelas antara kesehatan mental yang buruk dan pengeluaran yang sembrono,” demikian tertulis dalam laporan, seperti dikutip dari laman The Independent. 

Sebelumnya, sebuah survei menemukan bahwa 93 persen orang mengaku membelanjakan lebih banyak uang ketika mereka tidak sehat, dengan 40 persen responden menyatakan bahwa mereka kemungkinan akan belanja di malam hari.

Katie Alpin, kepala penelitian dan kebijakan di institut tersebut mengatakan, ketika orang berjuang dengan kesehatan mental, biasanya akan lebih sulit tidur di malam hari dan lebih rentan terhadap pengeluaran impulsif sehingga dapat meningkatkan pembelian di malam hari.

"Kami ingin melihat pengecer online memberi orang lebih banyak sarana untuk mengelola pengeluaran mereka larut malam. Itu bisa termasuk menawarkan kepada pelanggan sarana untuk membatasi ketersediaan toko online di malam hari melalui pengaturan akun mereka, atau opsi untuk membatalkan barang yang dibeli saat belanja online malam hari keesokan paginya jika mereka membeli barang yang nanti mereka sesali,” ungkap Alpin.

MILA NOVITA

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."