4 Manfaat Stress Ball di Kantor, Olahraga dan Cegah Cedera

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi stress ball. (Wikipedia)

Ilustrasi stress ball. (Wikipedia)

IKLAN

CANTIKA.COM, JakartaStress ball tentu sudah tidak asing lagi di telinga kita. Berbentuk bola dan berbahan lembut, setiap orang pun bisa dengan mudah memainkannya dengan cara meremas. Menariknya, terdapat banyak manfaat dari bermain stress ball ini, salah satunya para pekerja di kantor. Di tengah kepadatan aktivitas maupun tekanan kerja yang diburu waktu, stress ball salah satu pilihan untuk atasi stres hingga olahraga praktis.

Melansir laman Times of India dan Live Strong berikut sejumlah manfaat stress ball untuk pekerja di kantor. 

1. Meredakan stres
Sesuai dengan namanya, stress ball juga terbukti ampuh meredakan stres karena banyaknya saraf yang terletak di tangan dan terhubung langsung ke otak. Saat Anda meremas bola, saraf akan menstimulasi dan berkontraksi, sambil mengirim sinyal pada otak. Pada gilirannya, ini akan meningkatkan fungsi sistem saraf dan mengurangi hormon-hormon pengendali stres.

2. Sebagai bentuk olahraga
Buat yang terlalu sibuk bekerja dan tidak memiliki waktu olahraga, bermain stress ball salah satu solusinya. Cukup dengan meremasnya selama beberapa waktu saja, bola ini sudah bisa membantu menyehatkan tubuh sebab bukan hanya melatih otot-otot di sekitar area pergelangan tangan saja, namun dampaknya bisa dirasakan hingga lengan. Hal ini dikarenakan saraf di dalam tubuh yang saling terhubung satu sama lain.

3. Sebagai alat pengalih perhatian
Saat sedang kurang fokus bekerja, bermain stress ball dipercaya dapat menjadi media pengalih perhatian. Dalam hal ini, bola bekerja dengan cara membantu memulihkan konsentrasi. Bola ini juga dapat meredakan ketegangan dan menghilangkan stres akibat bisingnya suara pekerja lain di dalam ruangan. Tak heran, stress ball pun dianggap oleh para ahli sebagai penolong produktivitas.

4. Mencegah cedera
Saat berada di kantor, Anda sangat mungkin hanya menghabiskan waktu dengan mengetik dan menulis. Jika tidak terbiasa, hal ini bisa menyebabkan cedera pada tangan. Namun dengan meremas stress ball, hal ini pun bisa diatasi. Manfaat lainnya juga terbukti ampuh untuk meningkatkan fleksibilitas jari jemari.

SARAH ERVINA DARA SIYAHAILATUA

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."