Trik Memasak Praktis ala Sisca Soewitomo, Andalkan Bumbu Merah

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Sisca Soewitomo

Sisca Soewitomo

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Kegiatan memasak kerap dibayangkan memiliki langkah panjang dan rumit seperti zaman nenek dahulu. Memang masakan khas suatu daerah tetap dijaga pakem-pakem cara memasaknya untuk kualitas rasa. Namun seiring perkembangan zaman, ada pula beberapa langkah memasak yang sudah dimodernisasi, salah satunya dalam soal bumbu. Bagi Anda yang sibuk dan baru ingin memasak, tak perlu menjauh dari kegiatan memasak. Pakar kuliner Indonesia Sisca Soewitomo membagikan salah satu trik memasak praktis dengan penggunaan bumbu merah.

“Siapkan saja bumbu merah, itu bisa dibeli di supermarket atau minta digilingin. Bumbu merah itu isinya cabai merah besar, cabai rawit, bawang merah, dan bawang putih. Itu bisa digunakan untuk berbagai jenis masakan,” ucap Sisca yang ditemui dalam acara Hajatan Betawi di restoran YuMakan, Palmerah, Jakarta Barat, beberapa waktu lalu.

Menurut Sisca Soewitomo, bumbu merah bisa disesuaikan dengan selera masing-masing orang ketika digunakan. Bumbu dasar itu bisa untuk memasak sambal goreng, nasi goreng, laksa, lodeh, dan sebagainya. “Tinggal disesuaikan dengan selera. Bisa ditambahkan terasi jika ingin lebih beraroma atau bawang jika ingin lebih terasa bawangya,” ujar perempuan 70 tahun ini.

Agar bumbu masakan terasa enak, Sisca menyarankan ditumis terlebih dahulu. Setelah tercium aroma wangi, barulah bahan masakan dimasukkan. Selain itu, tambahkan rempat-rempah yang biasa terdapat dalam bumbu dapur, seperti sereh, daun jeruk, lengkuas, atau jahe, sesuai kebutuhan. Rempah-rempah, menurut ia, merupakan kunci utama masakan Indonesia yang lezat.

Selain bumbu merah, Anda juga menggunakan sambal terasi. Tak perlu membuatnya sendiri, sekarang banyak pilihan sambal terasi jadi yang tersedia di supermarket atau warung-warung dekat rumah. Sambal terasi juga bisa dijadikan bumbu dasar untuk memasak beragam jenis makanan. "Jadi gampang, semua ibu bisa masak. Anak-anak yang sekolah di luar negeri, yang kangen dengan masakan ibunya, juga bisa masak,” tutur Sisca Soewitomo.

Selamat mencoba trik memasak ala Sisca Soewitomo di akhir pekan ini.

MILA NOVITA

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."